Jokowi Kutuk Kekerasan Israel ke Palestina, Desak PBB Bertindak

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 11 Mei 2021
0 dilihat
Jokowi Kutuk Kekerasan Israel ke Palestina, Desak PBB Bertindak
Presiden Jokowi. Foto: Repro Twitter

" Indonesia mengutuk tindakan tersebut dan mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengambil tindakan atas pelanggaran berulang yang dilakukan oleh Israel. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengutuk tindakan penggusuran paksa warga Palestina dari Sheikh Jarrah, timur Yerusalem, oleh Israel.

Hal itu disampaikan Jokowi melalui akun Twitter miliknya @jokowi. Ia mengatakan, penggunaan kekerasan terhadap warga sipil Palestina, di Masjid Al-Aqsa tak boleh dibiarkan.

"Indonesia mengutuk tindakan tersebut dan mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengambil tindakan atas pelanggaran berulang yang dilakukan oleh Israel," katanya, Selasa (11/5/2021).

Indonesia, lanjutnya, akan terus berpihak pada rakyat Palestina.

Baca juga: Derita Diabetes, Pelawak Sapri Pantun Meninggal Dunia

Baca juga: Ustaz Tengku Zulkarnain Meninggal Dunia, Sempat Jalani Perawatan COVID-19

Hal senada juga disampaikan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI yang mengecam keras serangan teror tentara Israel kepada warga Palestina.

Melalui akun Twitter resmi @Kemlu_RI, Indonesia menentang keras pengusiran paksa 6 warga Palestina dari wilayah Sheikh Jarrah, Yerussalem Timur serta mengecam tindak kekerasan terhadap warga sipil Palestina di wilayah Masjid Al-Aqsa.

Serangan tersebut telah menyebabkan ratusan korban luka-luka dan melukai perasaan umat Muslim.

"Pengusiran paksa dan tindakan kekerasan tersebut bertentangan dengan berbagai resolusi DK PBB, hukum humaniter internasional, khususnya Konvensi Jenewa IV tahun 1949, dan berpotensi menyebabkan ketegangan dan instabilitas di kawasan," tulis Kemenlu di akun Twitternya. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga