Jokowi-Ma'ruf Amin Tak Gelar Open House Lebaran Tahun Ini

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 14 April 2023
0 dilihat
Jokowi-Ma'ruf Amin Tak Gelar Open House Lebaran Tahun Ini
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin tegaskan tak akan ada open house di istana maupun kediaman pribadinya. Foto: Repro Kompas.com

" Presiden Joko Widodo tak akan menggelar open house di Istana Negara, Lebaran tahun ini "

JAKARTA, TELISIK.ID - Presiden Joko Widodo tak akan menggelar open house di istana Lebaran tahun ini. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin.

Dilansir dari Kompas.com, menurut Bey, selama Lebaran dan cuti bersama pun perangkat negara yang mendampingi kegiatan presiden akan sangat terbatas.

"Bapak Presiden tidak mengadakan open house. Bahkan, perangkat yang terkait kegiatan selama Lebaran dan cuti bersama, Bapak Presiden minta sangat terbatas," ujar Bey dalam keterangan tertulisnya pada Kamis (13/4/2023).

Bey juga menjelaskan, tahun ini merupakan Lebaran pertama tanpa status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) setelah tiga tahun pandemi COVID-19.

"Oleh karena itu, sebagaimana disampaikan saat doorstop (di Depok), Bapak Presiden memberi kesempatan kepada seluruh jajaran pemerintah untuk berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga," papar Bey.

Baca Juga: SE Mendagri Terbit, Pejabat Publik Dilarang Open House Idul Fitri

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memperbolehkan pejabat hingga masyarakat menggelar silaturahmi bersama atau open house Idul Fitri 1444 Hijriah.

Menurut Presiden, tujuannya agar masyarakat bisa bersilaturahmi dengan saudara, kerabat, dan mereka.

"Kita kan sudah tiga tahun tidak buka puasa bersama, tidak open house, saya memberikan keleluasaan untuk semuanya bisa berjumpa dengan keluarga besarnya," ujar Jokowi usai meresmikan Hunian Milenial Indonesia di Depok, Jawa Barat, Kamis.

Sementara dikutip dari Kompas.tv, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, dirinya dan Ibu Negara Wury tidak berencana mengadakan open house pada Idul Fitri tahun ini.

Baca Juga: MenPAN-RB Pastikan Sanksi ASN Adakan dan Ikuti Buka Puasa Bersama

"Tidak akan ada open house. Presiden juga tidak mengadakan acara seperti itu tahun ini," kata Wapres di sela-sela kunjungan kerjanya di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (11/4/2023) lalu.

Namun, wapres berencana merayakan Idul Fitri di Jakarta dan akan menunaikan salat Id di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

"Saya akan menghabiskan Idul Fitri saya di Jakarta, insyaAllah, dan (saya akan melakukan) salat Id di (Masjid) Istiqlal," kata Wapres Ma'ruf Amin. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga