adplus-dvertising

Jokowi Resmikan Bandara Yogyakarta Internasional Airport

Affan Safani Adham, telisik indonesia
Jumat, 28 Agustus 2020
716 dilihat
Jokowi Resmikan Bandara Yogyakarta Internasional Airport
Presiden Jokowi resmikan Bandara Yogyakarta Internasional Airport di Kulonprogo. Foto: Affan Safani Adham/Telisik

" Pembangunan tersebut adalah paling cepat. "

YOGYAKARTA, TELISIK.ID - Bandara Yogyakarta Internasional Airport telah selesai seratus persen dan bandara ini dikerjakan sangat cepat, hanya 20 bulan.

Hal itu dikatakan Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Jumat (28/8/2020), didampingi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Pada kesempatan itu, Presiden Joko Widodo selain meresmikan Yogyakarta International Airport (YIA), juga resmikan pengoperasian menara Airnav Indonesia dan sistem peringatan dini tsunami.


"Pembangunan tersebut adalah paling cepat," tandas Jokowi.

Jokowi juga menjelaskan, bandara ini memiliki runway 3.250 meter sehingga bisa didarati pesawat terbesar seperti Airbus 380 atau Boeing 777.

Kalau dibandingkan dengan airport lama di Adisucipto dengan panjang 2.200 meter, di sini 3.250 meter jauh lebih panjang. Di sini bisa didarati airbus A380 dan boeing 777.

Baca juga: Novel Baswedan Positif COVID-19

"Pesawat gede-gede bisa turun di sini," papar Jokowi yang menerangkan karena runway-nya 3.250 meter.

YIA berdiri di atas tanah 600 hektar dan pembangunannya menelan biaya Rp 6 triliun. Dan untuk menampung jumlah penumpang yang banyak, terminal bandara ini dibangun dengan luas 106.500 meter persegi dan dapat menampung 10 juta penumpang per tahun.

Selain itu, bandara itu juga memiliki hanggar seluas 371.125 meter persegi yang sanggup menampung maksimal 28 unit pesawat.

Terkait hal itu, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X berharap kegiatan ekonomi di DIY semakin menggeliat.

"Saya berharap bisa menggerakkan roda perekonomian di tengah pandemi COVID-19 dan masyarakat jangan takut beraktivitas selama menerapkan protokol kesehatan secara ketat," kata Sri Sultan HB X.

Reporter: Affan Safani Adham

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga