adplus-dvertising

Jokowi Sambut Presiden Republik Federal Jerman di Istana Bogor

Marwan Azis, telisik indonesia
Kamis, 16 Juni 2022
438 dilihat
Jokowi Sambut Presiden Republik Federal Jerman di Istana Bogor
Presiden Jokowi menyambut Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/6/2022). Foto: Setkab

" Kunjungan Presiden Frank-Walter Steinmeier ke Indonesia kali ini adalah dalam rangka peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jerman "

BOGOR, TELISIK.ID - Presiden Jokowi menyambut Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier dengan upacara kenegaraan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/06/2022).

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menyampaikan Frank tiba di Istana Bogor sekitar pukul 10.00 WIB, kedatangan Presiden Frank-Walter Steinmeier disambut iringan pasukan Nusantara, pasukan berkuda, dan korps musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Prosesi penyambutan kemudian dilanjutkan dengan upacara penyambutan resmi dengan diperdengarkannya lagu kebangsaan kedua negara dan diiringi dentuman meriam sebanyak 21 kali.


Setelah dentuman meriam selesai, kedua pemimpin kemudian melakukan inspeksi pasukan kehormatan.

"Kedua pemimpin selanjutnya memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara yang turut hadir mengikuti upacara,"ujarnya.

Delegasi Indonesia yang tampak hadir antara lain Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar, serta Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri, I Gede Ngurah Swajaya.

Selesai memperkenalkan delegasi masing-masing, Presiden Jokowi kemudian mengajak Presiden Frank-Walter Steinmeier untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu kenegaraan di ruang teratai. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penanaman pohon cendana bersama oleh Presiden Jokowi dan Presiden Frank-Walter Steinmeier di halaman belakang Istana.

Baca Juga: Penghargaan PBB Pacu BKKBN Percepat Turunkan Stunting

Selepas penanaman pohon, kedua pemimpin kemudian menuju veranda belakang Istana untuk berbincang sejenak sebelum menggelar pertemuan bilateral.

Usai pertemuan bilateral, kedua pemimpin diagendakan akan melakukan pernyataan pers bersama di ruang teratai. Rangkaian kunjungan resmi tersebut diakhiri dengan jamuan santap siang kenegaraan oleh Presiden Jokowi di ruang garuda.

Menurut Bey, kunjungan Presiden Frank-Walter Steinmeier ke Indonesia kali ini adalah dalam rangka peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jerman.

Kunjungan juga dimaksudkan untuk meningkatkan hubungan bilateral di berbagai bidang mulai dari investasi, perdagangan, transisi energi, dan kerja sama antara G20 dan G7.

Pada tahun 2022 ini Indonesia dan Jerman memperingati 70 tahun hubungan diplomatik. Presiden Jokowi berharap peringatan hubungan yang telah terjalin sejak tahun 1952 tersebut menjadi momentum untuk memperkuat kemitraan kedua negara.

“Tahun ini kita memperingati 70 tahun pembukaan hubungan diplomatik Indonesia-Jerman. Ini merupakan momentum bagi Indonesia dan Jerman untuk memperkuat hubungan,” ujar Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Presiden pun menyambut baik berbagai rangkaian kegiatan yang digelar dalam rangka peringatan 70 tahun hubungan diplomatik tersebut, termasuk Pameran Documenta Fifteen yang menghadirkan seniman asal Indonesia, Ruangrupa.

“Saya mencatat berbagai rangkaian kegiatan perayaan 70 tahun, termasuk pameran seni kontemporer Documenta Fifteen di Jerman yang menggandeng kelompok seniman Indonesia Ruangrupa yang akan dibuka oleh Bapak Presiden Steinmeier,” ujarnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Lantik Dua Menteri dan Tiga Wakil Menteri

Dalam pertemuan bilateral yang akan membahas kerja sama ekonomi bilateral tersebut, tak lupa Presiden menyampaikan ucapan selamat datang kepada Presiden Steinmeier dan delegasi di Indonesia.

“Ini merupakan kehormatan bagi saya menerima kunjungan ini. Di pertemuan empat mata tadi kita sudah membahas banyak hal, baik mengenai hubungan Indonesia-Jerman maupun situasi dunia saat ini,” pungkasnya.

Presiden Frank-Walter Steinmeier tiba di Indonesia melalui Bandar Udara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (15/06/2022) sekitar pukul 19.25 WIB dan direncanakan akan berada di Indonesia selama tiga hari.

Sebelum lawatan ke Indonesia, Presiden Jerman mengunjungi Singapura dari tanggal 13 hingga 15 Juni. (B)

Penulis: Marwan Azis

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga