Jokowi Sebut Presiden Boleh Kampanye dan Memihak di Pilpres 2024, Dulu Bilang akan Netral

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 24 Januari 2024
0 dilihat
Jokowi Sebut Presiden Boleh Kampanye dan Memihak di Pilpres 2024, Dulu Bilang akan Netral
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan seorang presiden boleh berkampanye dan memihak salah satu capres-cawapres yang bertarung dalam Pilpres 2024. Foto: Instagram Jokowi

" Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengatakan seorang presiden boleh berkampanye dan memihak salah satu capres-cawapres yang bertarung dalam Pilpres 2024 "

JAKARTA, TELISIK.ID - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengatakan seorang presiden boleh berkampanye dan memihak salah satu capres-cawapres yang bertarung dalam Pilpres 2024.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi di depan Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus capres nomor urut 2, Prabowo Subianto.

"Presiden tuh boleh lho kampanye, presiden boleh memihak, boleh," ujar Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim, Jakarta, dilansir dari Sindonews.com, Rabu (24/1/2024).

Meski menyatakan dapat memihak dan berkampanye, sampai sekarang Jokowi tak pernah secara gamblang menyatakan dukungannya untuk salah satu pasangan capres-cawapres di Pilpres 2024.

Baca Juga: Pengamat Beri Nilai Cak Imin 85, Mahfud 80, Gibran 75 di Debat Keempat Kampanye Pilpres 2024

Pada November 2023, Jokowi menegaskan akan bersikap netral di Pilpres 2024. Hal itu disampaikan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko.

Moeldoko mengatakan sikap netral Jokowi telah ditunjukkan dengan mengundang tiga bakal capres makan bersama di Istana Merdeka beberapa waktu lalu.

"Ya intinya Pak Presiden ingin menunjukkan kepada masyarakat, beliau netral. Dan selalu bicara sama saya, kita netral," kata Moeldoko di Istana Kepresidenan Jakarta, dilansir dari CNNIndonesia.com.

Baca Juga: Maju Caleg DPRD Kendari, Pendiri Pesantren Ini Janji Berikan Pinjaman Tanpa Bunga

Moeldoko juga mengatakan jajaran Kantor Staf Presiden bakal netral di Pilpres 2024. Menurutnya, Jokowi menjaga posisi tetap netral meskipun anak sulungnya, Gibran Rakabuming menjadi bakal calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto.

"Maka presiden betul betul pada posisi bisa diharapkan masyarakat, khususnya netral sehingga nanti baik gitu," ujarnya. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga