adplus-dvertising

Jokowi Sebut Tahapan Pemilu 2024 Dimulai Juni Tahun Ini

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 13 April 2022
666 dilihat
Jokowi Sebut Tahapan Pemilu 2024 Dimulai Juni Tahun Ini
Presiden RI, Joko Widodo saat memperlihatkan surat suara. Foto: Repro Antara

" Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 akan dimulai Juni tahun ini "

JAKARTA, TELISIK.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 akan dimulai Juni tahun ini.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam keterangannya, Selasa (12/4/2022).

Pada pemilu serentak 2024 akan dipilih presiden, wakil presiden, kepala daerah, wakil kepala daerah, DPR, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota.


“Tahapan awal akan dimulai pada 14 Juni 2022. ini penting dilakukan karena untuk pertama kalinya kita akan menyelenggarakan pileg pilpres dan Pilkada dalam tahun yang sama,” kata Jokowi, seperti dikutip iNews.id, Rabu (13/4/2022).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun meminta kepada para anggota KPU dan Bawaslu yang baru saja dilantik agar segera melakukan persiapan secara matang.

“KPU dan Bawaslu harus segera mempersiapkan semuanya secara detail dan matang menjaga agar kualitas demokrasi tetap terjaga,” tuturnya.

Baca Juga: Tolak Jokowi 3 Periode, Gibran Ngaku Siap Ikut Jika Ada Demo

Jokowi juga meminta agar KPU dan Bawaslu berkoordinasi dengan pemerintah dan DPR untuk menyiapkan pemilu serentak ini.

"Saya harapkan anggota KPU dan Bawaslu baru dilantik segera tancap gas langsung koordinasi dengan pemerintah dan DPR menjalankan tugas untuk menyiapkan pemilu 2024," ujarnya. 

Sebelumnya, mengutip cnnindonesia.com, Presiden Jokowi menegaskan gelaran Pemilu sudah jelas akan digelar pada 14 Februari dan Pemilihan Kepala Daerah digelar pada November 2024 mendatang.

Baca Juga: Syarat Mudik, Anak Usai 6-17 Tahun Wajib Tes COVID-19

Pernyataan Jokowi itu disampaikan dalam pengantar rapat Persiapan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024.

"Saya kira sudah jelas semuanya sudah tahu bahwa Pemilu akan dilaksanakan 14 Februari 2024," kata Jokowi di Youtube Sekretariat Negara, Minggu (10/4/2022).

Jokowi juga meminta kepada jajaran menteri menyampaikan kepada seluruh masyarakat bahwa jadwal Pemilu dan Pilkada serentak sudah ditetapkan. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Baca Juga