Jokowi Sidak Jalan Rusak, Gubernur Lampung Salahkan Pengusaha

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 06 Mei 2023
0 dilihat
Jokowi Sidak Jalan Rusak, Gubernur Lampung Salahkan Pengusaha
Presiden Joko Widodo sentil masalah jalan rusak di Lampung, Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi beralasan hal tersebut akibat operasional mobil perusahaan. Foto: Repro Detik.com

" Jokowi menyentil masih banyak jalan rusak di Lampung. Gubernur Lampung Arinal Djunaidi malah menyalahkan pengusaha "

LAMPUNG, TELISIK.ID - Presiden Joko Widodo menyidak jalan rusak di Lampung setelah viralnya sebuah video tentang buruknya infrastruktur di provinsi tersebut.

Dilansir dari Detik.com, Jokowi menyentil masih banyak jalan rusak di Lampung. Gubernur Lampung Arinal Djunaidi malah menyalahkan pengusaha karena banyak jalan rusak di daerahnya.

"Satu hal yang saya ingin dicatat, masyarakat serta pengusaha harus memperhatikan tonase kendaraannya. Jangan melebihi batas. Kita sudah dibantu Pak Presiden," kata Arinal saat mendampingi Presiden Jokowi meninjau jalan rusak di Lampung Tengah, Jumat (5/5/2023).

Arinal bilang, banyaknya jalan rusak di sana tak terlepas dari operasinal truk perusahaan yang melebihi tonase. Dia mengingatkan masyarakat dan pengusaha untuk sama-sama menjaga kondisi jalan di sana.

"Satu yang saya minta karena ini sudah dibantu presiden, masyarakat sekitar pengusaha harus menyadari kemampuan tonase," imbuhnya.

Baca Juga: Jokowi Pilih Lewat Jalan Rusak di Lampung, Gubernurnya Kena Prank Presiden

Untuk itu, dia menyatakan akan berkordinasi dengan Polda Lampung guna menindak kendaraan berat yang over tonase alias ODOL.

"Iya saya akan berkoordinasi dengan kepolisian Polda Lampung untuk menertibkan kendaraan yang melebihi tonase ini," tegasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyatakan ada beberapa ruas jalan yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi Lampung dan kabupaten/kota.

Jokowi meminta gubernur untuk bertanggung jawab atas ruas jalan di luar 15 ruas jalan yang ditangani oleh pemerintah pusat.

"Ada beberapa ruas yang menjadi tanggung jawab gubernur dan bupati. Jadi jangan semuanya pemerintah pusat," tegas Jokowi.

Baca Juga: Jalan Rusak di Lampung Bakal Ditinjau Presiden

Dikutip dari Aceh.tribunnews.com, saat ditanya kapan jalan-jalan rusak yang ada di Lampung diperbaiki menjadi bagus, presiden pun memerintahkan Kementerian PUPR ambil alih.

"Secepat-cepatnya dimulai, yang kira-kira provinsi tidak memiliki kemampuan, kemudian kabupaten tidak memiliki kemampuan, ya akan diambil alih oleh Kementerian PU," ucap Presiden Jokowi.

"Utamanya yang jalannya sudah parah. Clear," pungkasnya sambil meninggalkan lokasi. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga