Jualan Es Krim dan Tukang Kayu Dilakoni demi Hidupi Dua Anak

Mirdan, telisik indonesia
Jumat, 26 Juli 2024
0 dilihat
Jualan Es Krim dan Tukang Kayu Dilakoni demi Hidupi Dua Anak
Harmin berdagang es krim keliling untuk hidupi keluarga. Foto: Mirdan/Telisik

" Untuk menafkahi keluarga, pedagang es krim ini mencari rezeki tanpa lelah. Dia pun harus nyambi sebagai tukang kayu di saat musim hujan "

KENDARI, TELISIK.ID - Untuk menafkahi keluarga, pedagang es krim ini mencari rezeki tanpa lelah. Sudah risiko dagangan tidak terjual habis, di tengah banyaknya persaingan. Apalagi membuat es krim tidak membutuhkan modal besar dan mudah dibuat, sehingga banyak orang yang menjadikannya pilihan mencari nafkah.

Harmin (36) berdagang es krim keliling untuk menghidupi istri dan dua anaknya. Kini mereka bertempat tinggal di Sindangkasih, Kabupaten Konawe Selatan.

Saat ditemui Telisik.id  Harmin bercerita, ia menjual es krim sudah cukup lama, sekitar 2 tahun. Untuk mencukupi kebutuhan keluarga, Harmin memutar otak, dan terpaksa nyambi sebagai tukang kayu saat musim hujan.

"Kalau tidak hujan saya menjual es krim tapi kalau hujan saya kerja bangunan sebagai tukang kayu," ujar Harmin, Rabu (26/7/2024).

Baca Juga: Kisah Wanita Paruh Baya Menjual di Pelabuhan dengan Berkeliling

Baca Juga: Pantang Menyerah, Lansia di Kendari Ini Jualan Bakpao Keliling di Usia Senja

Harmin menjual es krim keliling menggunakan sepeda motor. Es krim yang dijualnya mulai dari harga Rp 3.000 sampai Rp 5.000. Setiap hari, maksimal penghasilannya Rp 200.000 kalau dagangannya habis. Kalau tidak habis, biasanya dia hanya dapat Rp 60.000. Tentu saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Untuk memenuhi kebutuhan harus pandai-pandai menyimpan, dan mencari tambahan pendapatan. Saya biasanya kerja di bangunan sebagai tukang kayu, dengan pendapatan Rp 150.000 sehari," tutupnya. (C)

Penulis: Mirdan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga