Jumlah ASN Positif COVID-19 dari Skrining Massal Terus Bertambah

Musdar, telisik indonesia
Kamis, 15 Oktober 2020
0 dilihat
Jumlah ASN Positif COVID-19 dari Skrining Massal Terus Bertambah
Suasana skrining massal bagi ASN Kota Kendari. Foto: Ist.

" Ini artinya, kebijakan (skrining massal) ini sangat bermanfaat sehingga betul-betul memutus mata rantai penularan dengan ditemukannya beberapa yang positif. "

KENDARI, TELISIK.ID - Jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Kendari yang dinyatakan positif COVID-19 terus mengalami penambahan.

Pasien positif ditemukan dari hasil skrining massal yang dilakukan sejak 5 Oktober 2020 di halaman Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari.

Direktur RSUD Kota Kendari, dr. Sukirman mengungkapkan, sudah 49 ASN dinyatakan positif COVID-19.

"Ini artinya, kebijakan (skrining massal) ini sangat bermanfaat sehingga betul-betul memutus mata rantai penularan dengan ditemukannya beberapa yang positif," kata Dirut RSUD Kota Kendari, dr. Sukirman, Rabu (14/10/2020).

Baca juga: Ali Mazi Pimpin Gubernur Se-Indonesia Bahas UU Cipta Kerja Bersama Mendagri

Seluruh ASN yang dinyatakan positif, lanjut Dokter Sukirman, berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) sehingga penanganannya tidak dilakukan di rumah sakit, namun sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP)-nya dianjurkan untuk melakukan karantina mandiri.

Dokter Sukirman menegaskan, skrining massal dengan metode rapid antigen ini akan terus dilakukan hingga 5 November 2020.

"Tanpa terkecuali, seluruh ASN yang totalnya sekitar 6.200 orang akan di-skrining," tegasnya.

Tes massal ini dilakukan sebagai upaya Pemerintah Kota (Pemkot) memutus rantai penyebaran COVID-19, sekaligus tracing terhadap ASN lingkup Pemkot yang terjangkit COVID-19. Data Pemkot Kendari menyebut, hampir 25 persen pasien COVID-19 yang dirawat selama ini berasal dari klaster ASN, dan 33 persen merupakan pegawai swasta. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga