Jumlah DPT Perempuan di Manggarai Lebih Banyak dari Laki-Laki

Berto Davids, telisik indonesia
Jumat, 23 Juni 2023
0 dilihat
Jumlah DPT Perempuan di Manggarai Lebih Banyak dari Laki-Laki
KPU Manggarai telah menetapkan 242.090 DPT sah untuk Pemilu 2024. Foto: Ist.

" Jumlah pemilih di Manggarai untuk Pemilu 2024 sebanyak 242.090 wajib pilih. Rinciannya, pemilih pria 119.916 orang dan perempuan 122.179 orang "

MANGGARAI, TELISIK.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manggarai, Nusa Tenggara Timur, telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sah dengan total pemilih mencapai 242.090 orang. Pleno penetapan DPT untuk Pemilu 2024 itu sudah dilakukan kemarin.

Ketua KPU Manggarai, Tomi Hartono mengatakan, sesuai dengan jadwal secara nasional, pihaknya sudah melakukan pleno penetapan DPT.

Dikatakan Tomi, dalam proses terbuka, pleno tersebut telah menetapkan pemilih di Manggarai untuk Pemilu 2024, yakni sejumlah 242.090 wajib pilih. Rinciannya, pemilih pria sebanyak 119.916 orang dan perempuan sejumlah 122.179 orang.

"Jadi jumlah pemilih perempuan lebih banyak dari pria" kata Tomi, Jumat (23/6/2023).

Baca Juga: Satu TPS di Rutan, Jumlah DPT 112

Untuk Pemilu tahun depan, tambah Tomi, tempat pemungutan suara (TPS) tersebar pada 171 desa dan kelurahan  di daerah ini.

Menurutnya, proses pleno penetapan DPT dilaksanakan sesuai dengan rencana. Dalam proses, sebagai penyelenggara mendengar banyak masukan baik dari parpol maupun dari Bawaslu Manggarai.

Masukan umumnya berkaitan dengan orang yang tidak memenuhi syarat untuk menjadi pemilih atau yang tidak masuk daftar sebagai pemilih.

Baca Juga: Tak Masuk DPT Pilkades Puluhan Warga Seruduk Kantor Bupati dan DPRD Kolaka Utara

“Kita sikapi semua masukan itu demi pemilu yang lebih baik nantinya,” kata dia.

Sementara itu anggota Bawaslu Manggarai, Hery Harun mengatakan, pihaknya terus mengawasi data pemilih dan sangat memberi perhatian pada data pemilih, baik yang tidak memenuhi syarat dan yang tidak terdaftar sama sekali.

“Kita fokus betul mengawasinya karena banyak sekali temuan dan keluhan masyarakat. Ketika ditemukan di lapangan, maka bisa langsung diperbaiki,” katanya. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga