Jumlah OTG di Kolaka Utara Terus Bertambah

Muh. Risal H, telisik indonesia
Senin, 11 Mei 2020
0 dilihat
Jumlah OTG di Kolaka Utara Terus Bertambah
Data Kewaspadaan COVID-19 Kabupaten Kolaka Utara pertanggal 10 Mei 2020. Foto: Ist.

" Sehingga secara otomatis semua orang yang mempunyai riwayat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif tersebut berstatus OTG. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Sejak ditetapkannya tiga kasus baru terkonfirmasi positif COVID-19 di Kolaka Utara, jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) terus bertambah.

Berdasarkan informasi peta data kewaspadaan COVID-19 Kolaka Utara yang dirilis oleh Tim Gugus Tugas COVID-19 melalui Dinas Informasi dan Persandian Kolaka Utara pertanggal 10 Mei 2020 menunjukkan jumlah OTG meningkat dari 44 kasus tertanggal 7 Mei 2020, menjadi 50 kasus pada tanggal 8 Mei 2020, 62 kasus pada tanggal 9 Mei 2020, dan 67 tertanggal 10 Mei 2020.

Dari 67 OTG yang menjalani pemantauan, 5 di antaranya dinyatakan telah selesai dan hasil swabnya negatif.

Menurut keterangan Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas COVID-19 Kolaka Utara, dr. Syarif Nur Ramly, meningkatnya jumlah OTG akhir-akhir ini disebabkan bertambahnya jumlah kasus yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Baca juga: 20 Korban PHK di Kendari Dilatih untuk Produktif

"Sehingga secara otomatis semua orang yang mempunyai riwayat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif tersebut berstatus OTG," kata dr. Syarif, Senin (11/5/2020).

Lebih lanjut, dia menerangkan, penemuan OTG merupakan hasil penelusuran Tim Satuan Tugas yang berhasil melakukan pelacakan.

"Untuk memastikan kondisi kesehatan semua OTG tersebut, pihak Rumah Sakit Djafar Harun Kolaka Utara berencana melakukan rapid test dan pengambilan swab," terangnya.

Terkait dengan meningkatnya kasus OTG, Direktur BLUD RS Djafar Harun itu kembali meminta kepada masyarakat untuk tidak panik namun tetap menaati semua imbauan pemerintah, tetap konsisten menjalankan anjuran pemerintah, dan cepat laporkan kalau ada pendatang dengan gejala COVID-19.

Baca juga: Sopir Angkot Senang Transportasi Umum Dibolehkan Beroperasi

"Saya mengimbau masyarakat agar tidak panik, namun tetap konsisten menjalankan anjuran pemerintah, kewapadaan lebih ditingkatkan," imbaunya.

Sebagai informasi, bersumber dari hasil rilis peta kewaspadaan COVID-19 Kolaka Utara, penyebaran kasus OTG di Kolaka Utara yakni 40 kasus di Kecamatan Lasusua, 11 kasus di Kecamatan Tiwu, 9 kasus di Kecamatan Watunohu, dan 2 kasus di Kecamatan Pakue.  

Sementara kasus positif COVID-19, 4 kasus di Kecamatan Lasusua, 1 kasus di Kecamatan Pakue dan 1 kasus dinyatakan sembuh.

Sampai saat ini Rumah Sakit Djafar Harun telah merawat 3 orang pasien terkonfirmasi positif COVID-19.

Reporter: Muh. Risal

Editor: Rani

Baca Juga