adplus-dvertising

Jurnalis Senior dan Sejarawan Alwi Shahab Meninggal Dunia

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Kamis, 17 September 2020
991 dilihat
Jurnalis Senior dan Sejarawan Alwi Shahab Meninggal Dunia
Sejarawan Betawi sekaligus wartawan senior Alwi Shahab meninggal dunia. Foto: Repro Google.com

" Kabar duka kembali datang menghampiri dunia jurnalistik Indonesia. Tokoh pers dan wartawan senior Republika Alwi Shahab meninggal dunia pada Kamis (17/9/2020) dini hari WIB. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kabar duka datang dari dunia pers. Tokoh pers Alwi Shahab meninggal dunia.

Kabar wafatnya Alwi Shahab disampaikan langsung media Republika Online, Kamis (17/9/2020). Alwi Shahab merupakan wartawan senior Republika.

"Kabar duka kembali datang menghampiri dunia jurnalistik Indonesia. Tokoh pers dan wartawan senior Republika Alwi Shahab meninggal dunia pada Kamis (17/9/2020) dini hari WIB," tulis Republika dikutip dari Twitter resmi mereka.


Alwi Shahab meninggal di kediamannya daerah Condet Jakarta. Tepatnya di Komplek Balekambang Asri no.14, Gang Haji Sarbini, Condet, Jakarta Timur.

Alwi Shahab lahir di Jakarta, 31 Agustus 1936. Ia adalah seorang wartawan yang telah menjalani profesinya selama lebih dari 40 tahun.

Baca juga: Bongkar Aib Pertamina, Andre Rosiade Minta Ahok Dicopot

Kariernya dimulai tahun 1960 sebagai wartawan, kantor berita Arabian Press Board di Jakarta. Dihimpun dari berbagai sumber, Alwi mengawali karier sebagai wartawan di Kantor Berita Antara sejak Agustus 1963.

Ia menulis beberapa laporan mulai dari isu perkotaan, kepolisian, parlemen, sampai bidang ekonomi. Ia juga pernah meliput di Istana Kepresidenan.

Alwi juga pernah berangkat ke perbatasan Malaysia-Thailand untuk meliput operasi penumpasan gerakan Komunis oleh tentara Malaysia.

Selepas dari Antara, ia bergabung dengan Republika. Selain bergelut sebagai wartawan, Alwi juga banyak menulis cerita menarik semasa penjajahan Belanda hingga Kemerdekaan.

Ia menulis buku berjudul Hukum Pancung di Batavia terbitan tahun 2007. Kemudian Ciliwung: Venesia dari Timur, hingga Kasino Bernama Kepulauan Seribu.

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga