Jus Penurun Kolesterol, Enak dan Mudah Dibuat

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 01 Juli 2023
0 dilihat
Jus Penurun Kolesterol, Enak dan Mudah Dibuat
Sebuah riset yang dimuat dalam jurnal Lipid In Healh and Disease melaporkan, konsumsi jus jeruk jangka panjang dapat menurunkan kadar kolesterol total maupun kolesterol jahat atau LDL. Foto: Dream.co.id

" Kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat sel dan hormon, namun jika kadarnya terlalu tinggi akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat sel dan hormon, namun jika kadarnya terlalu tinggi akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Kadar kolesterol tinggi rupanya bisa diturunkan dengan mengkonsumsi berbagai jenis jus penurun kolesterol dari buah-buahan.

Jus penurun kolesterol

Buah-buahan tertentu ternyata berkhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol tubuh. Anda bisa menambah menu harian agar kolesterol tetap terkontrol.

Dikutip dari Detik.com dan Kompas.com, berikut jus penurun kolesterol:

Baca Juga: Ini Makanan dan Minuman Tak Boleh Dikonsumsi Setelah Makan Daging

1. Tomat

Tomat merupakan salah satu buah yang kaya akan senyawa likopen yang dapat meningkatkan kadar lipid serta menurunkan kadar kolesterol LDL. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengolah tomat menjadi jus dapat meningkatkan kadar likopennya.

Studi pada tahun 2015 yang melibatkan 25 wanita dengan rentang usia 20-30 dan memiliki massa indeks tubuh minimal 20, melakukan sebuah percobaan dengan meminum jus tomat setiap hari selama 2 bulan. Hasilnya, mereka yang meminum jus tomat sebanyak 280 mL setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darahnya.

2. Jeruk

Sebuah riset yang dimuat dalam jurnal Lipid In Healh and Disease melaporkan, konsumsi jus jeruk jangka panjang dapat menurunkan kadar kolesterol total maupun kolesterol jahat atau LDL.

Jus jeruk juga dilaporkan dapat meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik. Selain menjadi jus penurun kolesterol yang ramah jantung, jus jeruk juga membantu mengendalikan tekanan darah.

3. Beri

Buah beri diyakini memiliki kandungan antioksidan dan serat yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Tak hanya itu, buah beri juga rendah kalori dan rendah lemak.

Seseorang bisa mengonsumsi buah beri dengan dibuat jus atau smoothie. Jika ingin membuat smoothie, seseorang bisa mencampurkan sekitar 80 gram buah beri dengan setengah cangkir yogurt dan setengah cangkir air dingin. Hal yang perlu diingat adalah untuk tidak menambahkan gula ketika membuat jus ataupun smoothie.

4. Apel

Tak kalah populer dari jeruk, buah apel juga dapat dijadikan jus untuk bantu turunkan kolesterol. Jus apel mengandung kelompok senyawa polifenol yang mencegah oksidasi LDL atau kolesterol jahat dan mampu menghambat penumpukannya di pembuluh darah.

Kadar LDL yang banyak teroksidasi memang dikaitkan dengan serangan jantung dan stroke. Selain membantu menurunkan kolesterol, jus apel juga membantu melindungi otak dan menjaga hidrasi tubuh. Pastikan tidak berlebihan mengonsumsi jus apel mengingat kalorinya yang cukup tinggi.

Baca Juga: Waktu Tidur yang Baik Bagi Kesehatan

5. Delima

Jus delima juga bisa menjadi pilihan sebagai minuman untuk menurunkan kolesterol jahat dan mengontrol kolesterol tetap stabil. Jus delima mengandung antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah yang lainnya, dan hal tersebut bermanfaat untuk melindungi jantung termasuk menurunkan kolesterol LDL.

Pastikan jika ingin mengonsumsinya adalah jus delima asli tanpa tambahan gula. Mengingat gula dapat menambahkan kalori pada jus, sehingga manfaat untuk jantung menjadi berkurang. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga