Kabar Baik, Minggu Ini Distribusi Aliran Air PDAM Kendari di Dataran Tinggi Akan Optimal

Bambang Sutrisno, telisik indonesia
Kamis, 13 Juni 2024
0 dilihat
Kabar Baik, Minggu Ini Distribusi Aliran Air PDAM Kendari di Dataran Tinggi Akan Optimal
PDAM Tirta Anoa Kendari akan mengoptimalkan distribusi iir di dataran tinggi. Foto: Bambang Sutrisno/Telisik

" PDAM Tirta Anoa Kendari akan mengoptimalkan aliran air di sejumlah kawasan dataran tinggi di Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - PDAM Tirta Anoa Kendari akan mengoptimalkan aliran air di sejumlah kawasan dataran tinggi. Diketahui, selama ini aliran bagi pelanggan yang tinggal di dataran tinggi, tidak maksimal.

Selain itu, pelanggan juga mengeluhkan air yang seringkali tidak mengalir atau mengalir tapi tidak menentu waktunya. Menanggapi hal itu, pihak PDAM berjanji akan memberikan pelayanan secepat mungkin kepada masyarakat. Jika biasanya mengalir lima hari sekali, akan diupayakan mengalir sekali sehari.

Di beberapa wilayah ketinggian, aliran air terpengaruh grafitasi bumi. Jika pelanggan di dataran rendah membuka keran air, maka tekanan aliran air akan berkurang, menyebabkan tekanan aliran air ke atas tidak optimal.

“Sejauh ini masih mencari pola untuk pengaliran yang tepat, supaya diubah lagi. Perubahan jadwal satu hari ini kita ubah jadi dua hari sekali, artinya wilayah tersebut dikasih durasi yang sama," kata Direktur PDAM Tirta Anoa Kendari, Zainuddin  Kamis (13/6/2024).

Terkait daerah yang berada di dataran tinggi seperti Alolama, Wawombalata, Lalodati dan Labibia, menurut Zainuddin, sumber airnya berasal dari Matabondu. Kebetulan mesin pompa air 50 liter per detik sedang mengalami rusak mesin selama satu tahun terakhir ini.

Baca Juga: Warga Keluhkan Air Keruh dan Bau, Kinerja PDAM Kendari Disorot

Dan mesin itu merupakan aset Balai Wilayah Sungai (BWS), sehingga kalau ada kerusakan seperti ini seharusnya mereka yang perbaiki.  

"Saya sebagai direktur mencoba memperbaiki mesin tersebut menggunakan dana PDAM. Alhamdulillah pompanya sudah selesai perbaikan. Dalam waktu dekat, di minggu ini, air sudah bisa dialirkan ke wilayah dataran tinggi Alolama, Wawombalata, Lalodati dan Labibia," lanjutnya.

Salah seorang pelanggan PDAM, Harsen warga Kelurahan Alolama, mengaku bersyukur karena Dirut PDAM mendengarkan keluhan yang sudah lama mereka alami.

"Sudah bertahun-tahun kami kesulitan air. Mudah-mudahan bisa segera teratasi," ujarnya.

Nada warga Kelurahan Labibia mengatakan, semoga dengan respon baik dari Dirut PDAM Kendari untuk membereskan keluhan air ini, ke depannya mereka tidak kesulitan air bersih lagi.

Baca Juga: Pelanggan PDAM di Kendari Keluhkan Distribusi Air Tak Lancar, Pilih Berhenti Langganan

"Tolong kembalikan lancarnya aliran air seperti empat tahun lalu," harapnya.

Hamsah warga Kelurahan Lalodati berharap Dirut PDAM saat ini dapat membereskan keluhan distribusi air yang tidak merata.

"Kasihan kita ini mau masak air minum," pungkasnya. (A)

Penulis: Bambang Sutrisno

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga