Kabupaten Konawe, Surga Para Pencari Kerja

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Jumat, 18 November 2022
0 dilihat
Kabupaten Konawe, Surga Para Pencari Kerja
PT. VDNI menjadi magnet para pencari kerja untuk warga Konawe maupun dari luar Konawe. Foto: Ist.

" Sejak berdirinya PT VDNI di Morosi, banyak orang yang datang ke Konawe dengan macam-macam kepentingan. Mulai dari mencari pekerjaan atau buka usaha "

KONAWE, TELISIK.ID - Beberapa tahun terakhir ini Kabupaten Konawe seakan menjadi magnet bagi para pencari kerja, baik dari lingkup Kabupaten Konawe maupun dari luar Konawe.

Sebagian besar pendatang mencari pekerjaan di mega industri yang terletak di Kecamatan Morosi, hingga membuka usaha di sekitar wilayah perusahaan yang meliputi PT Virtue Dragon Nickel Industri (VDNI) dan PT OSS.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa menilai fenomena pendatang memadati Konawe menjadi sebuah pola yang tidak bisa dihindari dan terjadi setiap tahunnya.

"Kunjungan para pendatang ke Morosi tidak bisa diredam, ini karena wilayah Konawe menjadi daya tarik bagi warga luar untuk mengais rezeki," tambahnya.

Sejak berdirinya PT VDNI di Morosi, banyak orang yang datang ke Konawe dengan macam-macam kepentingan. Mulai dari mencari pekerjaan atau buka usaha.

Baca Juga: PLN Kembangkan Pembangkit Listrik Ramah Lingkungan di Ulumbu Manggarai

"Jadi bisa dikatakan Konawe adalah surganya para pencari kerja,” jelasnya.

Ia menjelaskan, capaian ini merupakan kerja keras dari Pemerintah Kabupaten Konawe dalam memikirkan peningkatan kesejahteraan masyarakatnya, serta memberikan ruang kepada para investor untuk menanamkan sahamnya di Konawe.

Ia mengatakan, tahun depan ada tiga investasi besar yang bakal masuk ke Konawe. Ada di Kecamatan Routa, Kapoiala, dan Amonggedo.

Baca Juga: Warga Heboh, Mortir Raksasa Aktif Ditemukan di Perkebunan

"Tentunya perusahaan nantinya akan membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat,” tutupnya.

Sementara itu, salah satu karyawan PT. VDNI, Tri, menjelaskan, setiap bulannya selalu banyak pendatang yang masuk bekerja di perusahaan ini.

"Hampir tiap bulan pasti ada karyawan baru yang masuk," tambahnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga