Kabupaten Muna Barat Raih Juara Favorit III Stand Terbaik Hari Koperasi Nasional ke-76

Putri Wulandari, telisik indonesia
Minggu, 16 Juli 2023
0 dilihat
Kabupaten Muna Barat Raih Juara Favorit III Stand Terbaik Hari Koperasi Nasional ke-76
Pemberian penghargaan bagi Kabupaten Muna Barat yang berhasil meraih juara favorit III stand terbaik di Hari Koperasi dan Usaha Mikro. Foto: Ist.

" Kabupaten Muna Barat mendapat penghargaan sebagai juara favorit III stand terbaik di peringatan Hari Koperasi dan Usaha Mikro "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Kabupaten Muna Barat kembali mendapat penghargaan sebagai juara favorit III stand terbaik di peringatan Hari Koperasi dan Usaha Mikro.

Penghargaan diserahkan oleh Ketua Harian Dewan Koperasi Indonesia Adji Utomo kepada Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Muna Barat, di Senayan Park, Jakarta, Sabtu (15/7/2023).

Penjabat Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, penghargaan yang kembali diterima oleh pihaknya dapat memberikan dorongan dan motivasi kepada pemerintah daerah untuk memberikan perhatian yang lebih besar pada sektor koperasi.

Hal ini juga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi secara inklusif di Muna Barat, untuk itu dengan penghargaan ini menjadi motivasi Pemda untuk terus mengeluarkan kebijakan dan dukungan perlindungan, kemudahan dan pemberdayaan bagi koperasi dan UMK.

"Pasalnya koperasi dan UMKM adalah pilar penting dalam pembangunan ekonomi Indonesia khususnya di Muna Barat," ungkap Bahri.

Baca Juga: Menteri Koperasi dan UKM Apresiasi Peluncuran Pasar Lokal Suara UMKM

Peran koperasi sebagai wadah bagi pelaku usaha dan sumber permodalan telah teruji selama masa pandemi COVID-19, yakni mampu menjadi salah satu pilar ekonomi, serta sebagai salah satu strategi pengentasan kemiskinan daerah.

Bahri katakan, melalui strategi peningkatan pendapatan masyarakat yaitu memberikan perlindungan dan pemberdayaan koperasi, maka pemda hadir dengan pembiayaan melalui APBD dengan subsidi bunga.

Dalam subsidi bunga itu, pemda memberikan asuransi pinjaman dan pemberian hibah berupa modal usaha dan hibah sarana dan prasarana.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMK Muna Barat, La Ode Takari mengatakan, ada 64 stand dari berbagai daerah yang mengikuti kegiatan pameran peringatan Hari Koperasi Nasional ke-76.

"Ini berlangsung sejak tanggal 12-15 Juli 2023," ungkapnya.

Namun, Kabupaten Muna Barat berhasil meraih penghargaan yaitu juara favorit III stand terbaik, berdasarkan tiga kriteria penilaian, yaitu keindahan stand, penampilan materi informasi yang dipamerkan, dan penampilan serta petugas stand.

Baca Juga: Langkah Strategis Pemda Muna Barat Tingkatkan Kapasitas Koperasi dan UKM

Untuk diketahui, penghargaan juara 1 stand terbaik diraih oleh Kabupaten Jember, Juara 2 diraih oleh Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan Kota Surabaya, juara 3 diraih oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Provinsi Kalimantan Timur.

Kemudian, untuk juara favorit 1 diraih oleh Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, juara favorit 2 diraih oleh Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Trenggalek.

Sementara untuk juara harapan 1 stand terbaik diraih oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Malang. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga