Kabupaten Muna Barat Siap Dongkrak Capaian Pendidikan Numerasi

Putri Wulandari, telisik indonesia
Jumat, 02 Juni 2023
0 dilihat
Kabupaten Muna Barat Siap Dongkrak Capaian Pendidikan Numerasi
Setelah penandatanganan MoU antara Pemerintah Muna Barat dan Yayasan Teknologi Indonesia Jaya di The Duck King, Jakarta. Foto: Ist.

" Untuk mendongkrak capaian pendidikan numerasi, Pemerintah Kabupaten Muna Barat menggandeng Yayasan Teknologi Indonesia Jaya "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Untuk mendongkrak capaian pendidikan numerasi, Pemerintah Kabupaten Muna Barat menggandeng Yayasan Teknologi Indonesia Jaya. Kolaborasi itu ditindaklanjuti melalui penandatanganan MoU Nomor 01/MoU/YS/YTIJ/VI/2023, di The Duck King Jakarta.

Hal itu sejalan dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 400.1/2097/SJ tanggal 6 April 2023 tentang Percepatan Capaian Pendidikan Numerasi Sekolah Dasar (SD) di Daerah.

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, target penandatanganan kerja sama ini adalah untuk memastikan bahwa angka literasi dan numerasi di Kabupaten Muna Barat meningkat.

Bahri mengatakan, selama dua tahun terkahir, tepatnya saat wabah COVID-19 terjadi pembelajaran daring, sehingga nilai numerasi menurun.

"Target Pemerintah Daerah Muna Barat kali ini meningkatkan nilai literasi numerasi," ungkap Bahri, Jumat (2/6/2023).

Baca Juga: Pemdes Mataburanga Konawe Kepulauan Beri 152 Tangki Semprot Elektronik ke Warga

Sementara itu, Prof. Yohanes Surya dari Yayasan Indonesia Teknologi Jaya mengatakan, program yang didorong Kemendagri disebabkan oleh rendahnya angka numerasi di Kabupaten Muna Barat.

Sebagai penemu metode berhitung cepat yang dikenal dengan nama metode Gampang Asik dan Menyenangkan (Gasing), ia mengatakan bahwa program numerasi dilaksanakan oleh kabupaten.

Baca Juga: Pemkab Kolaka Timur Ajak Seluruh Masyarakat Aktualisasi Nilai Pancasila

Selanjutnya, pihak yayasan menyiapkan guru-guru selama satu kali pelatihan. guru-guru tersebut akan menyebar untuk melakukan tugas di Kabupaten Muna Barat.

"Sebenarnya program numerasi ini telah dimulai sejak 20 tahun silam, namun baru dua tahun yang lalu didorong oleh Menko Maritim dan Investasi untuk mendapatkan pelatihan di Kabupaten Toba dan sekitarnya," ungkapnya.

Setelah pelatihan tersebut berhasil, presiden mengumumkan kepada seluruh pemimpin daerah di Indonesia untuk ikut dalam program peningkatan numerasi. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga