Kacang Mete Gula Merah, Cemilan Khas Buton Sulawesi Tenggara

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Sabtu, 03 Oktober 2020
0 dilihat
Kacang Mete Gula Merah, Cemilan Khas Buton Sulawesi Tenggara
Kacang Mete Gula Merah. Foto: Shopie

" Jadi bahan-bahannya itu, cukup menyiapkan lima kayu manis, terus setengah gula merah (aren), garam secukupnya, 250 gram kacang mete serta jahe bubuk dan air putih. "

KENDARI, TELISIKI.ID - Kacang mete gula merah, adalah cemilan khas Buton Sulawesi Tenggara (Sultra) yang sering kita temui di daerah itu.

Tak hanya disajikan di hari-hari tertentu saja. Suguhan yang sangat menggiur lidah ini pun, sudah menjadi cemilan sehari-hari dan banyak ditemui di toko-toko yang menjajakan makan khas di Kota Kendari saat ini.

Ummu Auliya (30), yang juga sebagai koki Kacang mete asli Buton ini mengungkapkan, cara mengolah kacang mete gula merah tak terlalu rumit.

"Jadi bahan-bahannya itu, cukup menyiapkan lima kayu manis, terus setengah gula merah (aren), garam secukupnya, 250 gram kacang mete serta jahe bubuk dan air putih," ucapnya, Sabtu (3/10/2020).

Baca juga: RM Wisata Agribisnis Perpaduan Alam dan Kuliner

langkah-langkah dalam membuat kacang mete gula merah yaitu:

1. Cuci kacang mete dengan garam dan air, bilas dan cuci sampai tiga kali, kemudian rendam kacang pada air hangat selama lima menit.

2. Tiriskan kacang mete dan masukan ke dalam minyak panas, setelah itu goreng sampai berwarna kecokelatan pada api sedang.

3. Masukan gula merah yang diiris-iris tipis (agar lekas larut dalam air) disertai air, garam, jahe bubuk dan kayu manis, aduk-aduk pada api sedang hingga larutan terkaramelisasi, kemudian masukan kacang mete yang telah digoreng.

4. Aduk sampai seluruh kacang mete tercampur sempurna dengan larutan gula. Angkat dan tuang ke dalam nampan, tunggu hingga mengering. Kemudian siap dinikmati. (B)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga