Kades Parigi Muna Dilantik Sembunyi-Sembunyi, Wawesa dan Oensuli Diabaikan

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 28 September 2023
0 dilihat
Kades Parigi Muna Dilantik Sembunyi-Sembunyi, Wawesa dan Oensuli Diabaikan
Sekda Muna, Eddy Uga, melantik Kades Parigi, LM Nurasim. Foto: Ist.

" Pemerintah Kabupaten Muna akhirnya melantik Kepala Desa Parigi, LM Nurasim, yang memenangkan pemilihan pada 24 November 2022 lalu "

MUNA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Muna akhirnya melantik Kepala Desa (Kades) Parigi, Kecamatan Parigi, LM Nurasim, yang memenangkan pemilihan pada 24 November 2022 lalu.

Pelantikan yang dilakukan Sekda, Eddy Uga, Rabu (27/9/2023), sebagai bentuk tindak lanjut perintah Direktorat Jenderal Bina Desa, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dimana, Direktorat Jenderal Bina Desa tidak mengakui adanya pemungutan suara ulang (PSU) di Desa Parigi, Wawesa, Oensuli dan Kambawa Wuna. Bupati Muna, LM Rusman Emba diminta untuk melantik cakades peraih suara terbanyak.

Ironinya, Pemda hanya melantik Kades Parigi secara sembunyi-bunyi di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD). Sedangkan, Wawesa dan Oensuli diabaikan begitu saja.

Baca Juga: PSU Pilkades 4 Desa dan Pelantikan Kades Terpilih Dilakukan dalam Waktu Dekat

Sekda, Eddy Uga yang dikonfirmasi, menepis bila pelantikan Kades Parigi dilakukan sembunyi-sembunyi. Katanya, pelantikan itu sesuai mekanisme.

"Jadwal sore (pelantikan), tapi Pak Bupati tiba-tiba berangkat, makanya saya diminta wakili," kata Eddy, Kamis (28/9/2023).

Baca Juga: Kemendagri Batalkan Hasil PSU, Pemkab Muna Persiapkan Pelantikan 4 Cakades Terpilih

Begitu juga disampaikan Kadis PMD, Fajaruddin Wunanto. Dia bilang, pelantikan itu menyesuaikan waktu pimpinan. Ia berdalih, hanya Kades Parigi yang dilantik, dikarena tidak terjadi PSU. Sementara untuk pelantikan Kades Wawesa dan Oensuli, belum bisa dipastikan.

Pelantikan Kades Parigi terkesan disembunyikan karena beberapa kali Kadis PMD dikonfirmasi, jawabannya selalu belum.

"Belum, nanti kita kabari," jawab kadis PMD, siang hari sebelum pelantikan. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga