Logo Telisik.id

Kadis Kominfo Sultra Sebut Jembatan Teluk Kendari Konsep Ali Mazi Dipinjam Nur Alam

8165 dibaca Kadis Kominfo Sultra Sebut Jembatan Teluk Kendari Konsep Ali Mazi Dipinjam Nur Alam

Jembatan Teluk Kendari. Foto: Repro Jubir Gub Sultra

" Kehebatan seorang aktor yang sejak 2003 telah merancang dengan nama SULTRA RAYA 2020 dalam buku agenda Pemprov Sultra. Ibarat sebuah ramalan Harry Potter, ternyata apa yang dicita-citakan Ali Mazi ketika itu sebagai Gubernur Sultra terjawab sudah."

KENDARI, TELISIK.ID - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jembatan Teluk Kendari, dalam rangkaian kunjungan kerjanya (kunker) ke Sultra, Kamis (22/10/2020).

Sebelum Presiden Jokowi meresmikan jembatan terpanjang ketiga di Indonesia itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Sultra, Ridwan Badallah mengungkapkan, jembatan tersebut adalah konsep yang dimiliki Ali Mazi pada tahun 2003 silam saat ia menjabat sebagai gubernur Sultra periode 2003-2008.

“Kehebatan seorang aktor yang sejak 2003 telah merancang dengan nama SULTRA RAYA 2020 dalam buku agenda Pemprov Sultra. Ibarat sebuah ramalan Harry Potter, ternyata apa yang dicita-citakan Ali Mazi ketika itu sebagai Gubernur Sultra terjawab sudah,” tulisnya.

 

Dokumen kerangka umum menuju Sultra Raya 2020 pada masa bhakti gubernur Ali Mazi periode 2003-2008. Foto: Jubir Gub Sultra.

 

Hanya saja, lanjut Ridwan, pengerjaan jembatan tersebut baru dimulai di era Nur Alam yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Sultra selama dua periode, 2008–2017.

Di mana, Nur Alam meminjam dan meminta izin menggunakan konsep tersebut sebagai bahan negoisasi ke Kementerian PU.

“10 Tahun Nur Alam meminjam dan meminta ijin menggunakan konsep ini untuk menegosiasikan pembangunannya dan Kementerian PU menyetujui di Era Jokowi,” katanya.

Baca juga: Sulkarnain Belum Izinkan Kendaraan Lalui Jembatan Teluk Kendari

Tepat hari ini, jembatan Teluk Kendari diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi yang didampingi oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, dan Gubernur Sultra, Ali Mazi serta jajarannya.

“Dan Insya Allah, hari ini Bapak Ali Mazi merasakan dan menikmati hasil jerih payahnya tersebut karena diresmikan oleh Bapak Presiden Jokowi,” ujarnya.

Ridwan menambahkan, Gubernur Ali Mazi juga telah membuat desain mengembalikan fungsi tata ruang pemukiman Kota Lama (china town) yang hancur akibat pembangunan jembatan Teluk Kendari.

Selain mengucapkan terimakasihnya kepada Presiden Jokowi dan Gubernur Ali Mazi yang telah mendesain konsep dan menyelesaikannya, Ridwan Badallah juga berterima kasih kepada Dirjen PUPR dan Nur Alam yang telah membantu pengurusan dan lobby-lobby pembangunan jembatan ini.

“Bapak Dirjen PUPR yang telah membantu terbangunnya Jembatan Teluk Kendari, Bapak Nur Alam yang membantu pengurusan dan lobby-lobby pembangunan jembatan. Semoga Jembatan Teluk Kendari dapat memberi manfaat bagi masyarakat Sultra,” tandasnya. (B)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Post Tags:

Copyright © 2019 telisik.id . All rights reserved.

Main Menu

Beranda

Rubrik

News
Metro
Kasus
Peristiwa
Sosok
Cerita
Sehat
Foto
Video