Kaesang Beli Saham Hampir Rp 100 Miliar, Rizal Ramli Ingat Orde Baru

M. Risman Amin Boti, telisik indonesia
Rabu, 15 Desember 2021
0 dilihat
Kaesang Beli Saham Hampir Rp 100 Miliar, Rizal Ramli Ingat Orde Baru
Putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep. Foto: Repro pikiranrakyat.com

" Rizal Ramli dibuat terheran-heran mendengar seorang anak presiden memiliki kekayaan yang begitu fantastis, hingga bisa berinvestasi miliaran rupiah "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kaesang Pangarep baru-baru ini dikabarkan membeli saham sebanyak 188,24 juta lembar dengan total harga Rp 92,2 miliar.

Diketahui, Kaesang memiliki 8 persen dari total keseluruhan saham perusahaan PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP), sebuah perusahaan yang memproduksi makanan beku berbasis udang.

Mengetahui kabar transaksi yang dilakukan oleh putra bungsu Presiden Joko Widodo, seorang ekonom senior, Rizal Ramli melayangkan kritik pedas.

Ia mulanya menyinggung perihal polemik KKN pejabat negara di masa Orde Baru.

“Dulu kita dikritik KKN, ya kan, Tommy Soeharto, terutama anak-anaknya," kata Rizal dikutip dari kanal YouTube Refly Harun pada Rabu (15/12/2021).

Sementara dewasa ini, Rizal Ramli dibuat terheran-heran mendengar seorang anak presiden memiliki kekayaan yang begitu fantastis, hingga bisa berinvestasi miliaran rupiah.

Rizal Ramli mempertanyakan dari mana uang sebesar itu bisa didapatkan oleh Kaesang Pangarep. Terlebih, selama ini adik dari Wali Kota Solo Gibran Rakabuming itu diketahui hanya berbisnis pisang.

Baca Juga: Warga Lempari Wajah Jokowi dengan Kertas, Isinya Bikin Kaget

“Hari ini ada anak kecil, anak bawang beli investasi ratusan milyar. Duit dari mana? Itu kan duit dari bisnis jualan pisang doang,” kata Rizal.

Sebelumnya, putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep membeli saham emiten pengolahan beku berbasis udang, PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP) melalui PT Harapan Bangsa Kita (HEBAT).

PT Harapan Bangsa Kita (HEBAT) sendiri merupakan perusahaan yang dimiliki oleh Kaesang Pangarep.  

Dikutip dari keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), total saham yang dibeli Kaesang Pangarep yakni 188.240.000 lembar saham atau sebesar 8?ri seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam PMMP, dengan harga Rp 490 per  saham.  

Baca Juga: Viral: Jemaah Masjid Mirip Cristiano Ronaldo Lagi Ngaji

Transaksi tersebut adalah bentuk investasi sebagai portofolio saham secara langsung. Total dana yang dikeluarkan untuk pembelian saham PMMP tersebut adalah sekitar  Rp 92,2 miliar. (C)

Reporter: M. Risman Amin Boti

Editor: Haerani Hambali 

Baca Juga