Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Hadiri Ekspose 5 Tahun Ali Mazi-Lukman Abunawas

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Minggu, 03 September 2023
0 dilihat
Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Hadiri Ekspose 5 Tahun Ali Mazi-Lukman Abunawas
Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba, menghadiri acara ekspose 5 tahun Ali Mazi dan Lukman Abunawas sebagai gubernur dan wakil gubernur periode 2018-2023

" Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba, menghadiri acara ekspose 5 tahun Ali Mazi dan Lukman Abunawas sebagai gubernur dan wakil gubernur periode 2018-2023 "

KENDARI, TELISIK.ID - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba, menghadiri acara ekspose 5 tahun Ali Mazi dan Lukman Abunawas sebagai gubernur dan wakil gubernur periode 2018-2023, Sabtu (2/9/2023).

Ekspose 5 tahun kepemimpinan AMAN kali ini, sekaligus memperingati berakhirnya masa jabatan Gubernur Ali Mazi dan Wakil Gubernur Lukman Abunawas. Acara ini dirangkaikan dengan peresmian tiga mega proyek yakni Jalan Wisata Kendari-Toronipa, RS Jantung Pembuluh Darah dan Otak Oputa Yi Koo, serta Perpustakaan Modern, Sabtu (2/9/2023).

Setelah peresmian ketiga proyek strategis tersebut, masyarakat Sulawesi Tenggara disuguhkan dengan festival kuliner gratis di Pelataran Tugu Religi. Tidak kurang dari 10 ribu porsi makanan gratis tersedia untuk dinikmati oleh warga Bumi Anoa mulai pukul 16.00 Wita hingga akhir acara. Uniknya, makanan yang disajikan berasal dari produk UMKM lokal, mendorong pemberdayaan UMKM di daerah ini.

Selain Festival Kuliner, malam harinya dihadirkan berbagai hiburan menarik, seperti Stand Up Comedy Lokal, penampilan band lokal, dan juga Bandung Ibu Kota. Tidak hanya itu, ada pula penyerahan hadiah untuk sejumlah lomba yang melibatkan kelurahan, kecamatan, dan desa. Para penonton yang beruntung juga berkesempatan memenangkan hadiah-hadiah menarik.

Baca Juga: Kapasitas Kehumasan Ditingkatkan Melalui Pelatihan Jurnalistik oleh Kemenkumham Sulawesi Tenggara

Ketika memasuki area peresmian Perpustakaan Modern, Gubernur Ali Mazi dan Sekretaris Daerah Sulawesi Tenggara, Asrun Lio, disambut dengan Tari Mangaru khas Buton. Rangkaian acara dimulai dengan sambutan dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Tenggara, Nur Saleh.

Momen penting terjadi saat Ali Mazi melakukan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita, mengesahkan peresmian Perpustakaan Modern Bertaraf Internasional tersebut.

Baca Juga: Pelayanan Berbasis HAM, Kakanwil Kemenkumham Teken MoU Bersama SLB BF Mandara Kendari

Ali Mazi dalam sambutannya berbagi cerita mengenai inspirasinya dalam membangun perpustakaan ini. Pengalamannya di Boston University dan Harvard University di Amerika Serikat, membuatnya terinspirasi untuk membawa konsep serupa di Sulawesi Tenggara, karena percaya bahwa literasi adalah fondasi kemajuan bangsa.

Ali Mazi juga menekankan bahwa meskipun pembangunan perpustakaan tidak memberikan keuntungan finansial instan, itu adalah investasi jangka panjang bagi masyarakat Sulawesi Tenggara. Gedung perpustakaan ini memiliki dampak yang luas dalam berbagai aspek, termasuk sosial, pendidikan, budaya, dan ekonomi.

Kehadiran Silvester Sili Laba, Kakanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tenggara, dalam acara ini juga menegaskan komitmen pemerintah pusat untuk terus mendukung pengembangan daerah, khususnya dalam pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan UMKM lokal. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaealni

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga