Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Ikut Pelaksanaan Evaluasi Zona Integritas

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 24 Mei 2023
0 dilihat
Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Ikut Pelaksanaan Evaluasi Zona Integritas
Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba, turut serta dalam pelaksanaan evaluasi zona integritas. Foto: Ist.

" Guna mendapatkan keyakinan yang memadai untuk memastikan kesiapan unit kerja mengikuti pelaksanaan evaluasi Zona Integritas yang dilakukan oleh Tim Penilai Nasional (TPN), Kementerian Hukum dan HAM, melalui Biro Perencanaan menggelar Pra Evaluasi Zona Integritas Tahun 2023 "

JAKARTA, TELISIK.ID - Guna mendapatkan keyakinan yang memadai untuk memastikan kesiapan unit kerja mengikuti pelaksanaan evaluasi Zona Integritas yang dilakukan oleh Tim Penilai Nasional (TPN), Kementerian Hukum dan HAM, melalui Biro Perencanaan menggelar Pra Evaluasi Zona Integritas Tahun 2023 bertempat di Hotel Grand Mercure Kemayoran Jakarta. Rabu (24/05/2023)

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara turut berpartisipasi sebagai satuan kerja menuju wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) bersama 10 Kantor Wilayah Kemenkumham lainnya.

Di mana kegiatan yang diagendakan berlangsung mulai dari 23-26 Mei 2023 dan telah memasuki kegiatan pra evaluasi langsung dengan evaluator dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB).

Baca Juga: Bekas Kader PAN Pimpin Tim Relawan Pemenangan Ganjar Pranowo di Sulawesi Tenggara

Dalam kegiatan tersebut, menghadirkan narasumber Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan KemenPAN RB.

Kamarudin menjelasan, upaya pemerintah dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih dari praktik korupsi.

Kamarudin menambahkan, evaluasi pembangunan zona integritas merupakan langkah penting dalam meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pemerintah, serta mendorong terciptanya pelayanan publik yang berkualitas.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal ini bertujuan untuk mendapatkan keyakinan yang memadai, untuk memastikan kesiapan unit/satker pelaksanaan evaluasi ZI yang dilakukan oleh tim penilai nasional.

Dalam proses pemaparan materi pembangunan zona integritas TPN membagi menjadi 4 kelompok dan dipisahkan sesuai arahan dari pihak TPN, kemudian 4 kelompok itu akan memaparkan materinya secara bersamaan sesuai waktu yang telah ditentukan oleh TPN.

Tim dari Kemenkumham Sulawesi Tenggara yang dipimpin Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba didampingi oleh Plt Kepala Divisi Administrasi Ahmad Sahrun beserta seluruh Ketua Pokja dan Tim Pokja lainnya, mengikuti secara virtual melalui via zoom di Aula Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara, mendapatkan giliran pada gelombang kedua pada pukul 13.00 WIB yang dipimpin Ibu Litha dan Bapak Reza sebagai tim Evaluator III dari KemenPAN RB.

“Seluruh kinerja baik dalam inovasi pelayanan maupun kinerja kami, Kemenkumham Sulawesi Tenggara selalu menggelorakan semangat humanis dan hospitality, serta bagaimana menjaga yang namanya komunikassi serta saling menjaga hati satu sama lain, baik kepada sesama pegawai maupun warga binaan pemasyarakatan serta masyarakat yang menerima layanan,” tegas Kakanwil.

Kakanwil menyampaikan seluruh inovasi kerja yang telah dibuat dan dikembang oleh Kemenkumham Sulawesi Tenggara yang sengaja dihadirkan, untuk menjadi solusi di tengah banyaknya masalah di kalangan masyarakat.

Baca Juga: BKKBN Sulawesi Tenggara Gelar Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting di Kolaka Timur

“Dalam menghadapi harapan masyarakat yang semakin kompleks, perlu diciptakan inovasi yang dapat memudahkan, mempercepat serta memuaskan masyarakat sehingga kami terus belajar demi menjawab atas keluh kesah mereka dan kami hadir sebagai solusinya,” tambah Silvester.

Pihak evaluator mengapresiasi apa yang telah disampaikan Kakanwil baik pada bidang pelayanan, pengendalian serta pengawasan serta langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara dan berharap agar setiap hal yang disampaikan pada saat pra evaluasi dapat dibuktikan secara nyata pada saat evaluasi lapangan kelak.

Kemudian tim evaluator juga memberikan saran serta masukan kepada tim yang di pimpin Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara, baik dalam segi pemaparan maupun data dukung yang diperlukan. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga