Kakao Plus Program Kerja Anton-Abbas Sektor Pertanian Hilangkan Pemborong Berdayakan Petani

Muh. Risal H, telisik indonesia
Minggu, 01 September 2024
0 dilihat
Kakao Plus Program Kerja Anton-Abbas Sektor Pertanian Hilangkan Pemborong Berdayakan Petani
Pasangan Anton-Abbas sampaikan program kerja Kakao Plus sektor pertanian di hadapkan ribuan simpatisan dan saat konfrensi pers di KPU Kolaka Utara. Foto: Muh. Risal H/Telisik

" Pasangan balon Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Utara, Anton-Abbas, berkomitmen mengembalikan kejayaan kakao di Kolaka Utara seperti era tahun 90-an melalui program "Kakao Plus" "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Sejak dulu Kabupaten Kolaka Utara terkenal dengan tanahnya yang subur. Kesuburan tanahnya menjadikan bumi para mokole ini memiliki sumber daya alam yang melimpah, salah satunya sektor pertanian/perkebunan khususnya tanaman kakao atau coklat.

Eks Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kolaka Utara masa kerja 2021-2024, Sidik, turut mengagumi potensi sumber daya alam Kolaka Utara. Hal ini, disampaikan kepada telisik.id saat ditemui di ruangan kerjanya 2023 lalu.

"Sumber daya alam Kolaka Utara ini melimpah, tanahnya subur. Hampir semua tanaman pertanian dalam arti luas ada dan bisa tumbuh di Kolaka Utara, mulai dari padi, sayur mayur, jagung, kakao, kelapa, cengkeh, termasuk sektor perikanan atau tambak (empang.red)," urainya.

Beranjak dari sana, pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Utara, Anton-Abbas berkomitmen mengembalikan kejayaan kakao di Kolaka Utara seperti era tahun 90-an melalui program "Kakao Plus". Program ini selanjutnya tertuang dalam visi misi mereka.

Berbeda dari program revitalisasi yang juga merupakan visi misi H. Anton pada Pilkada Kolaka Utara tahun 2012 dan 2017, program "Kakao Plus" lebih mengedepankan konsep pemberdayaan petani lokal dengan memotong mata rantai keterlibatan pemborong (kontraktor) dalam penyediaan bibit kakao.

Baca Juga: Pasangan Rusdianto-Fachry Usai Tes Kesehatan: Makin Optimis Hadapi Pilkada Serentak 2024

"Kakao plus tidak lagi menggunakan pemborong, pola pengelolaannya mulai dari pembibitannya dikerjakan oleh petani pemilik kebun," kata Anton saat konferensi pers usai daftar di KPU Kolaka Utara, Kamis (29/8/2024).

Selanjutnya, bibit kakao yang disemai para pemilik kebun kembali dibeli oleh pemerintah daerah.

"Pada masa penanaman, pemerintah daerah kembali menyediakan biaya penanaman. Setelahnya, pemerintah kembali menyediakan pupuk untuk para petani. Kalau ada yang tidak berhasil lagi tau makuttuna yatu (orang malasmi itu)," ujarnya.

Lebih lanjut, bakal calon bupati Anton menyatakan, program revitalisasi kakao merupakan konsep dan pemikiran dirinya yang telah ia gaungkan sejak tahun 2012 dan 2017.

Baca Juga: Dua Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Utara Resmi Mendaftar di KPU

Sekadar diketahui, H. Anton merupakan Ketua Bidang Ekonomi Kreatif DPD Partai PDIP Sulawesi Tenggara, mantan anggota DPRD Kolaka Utara dua periode, dan pengusaha sukses.

Sementara H. Abbas adalah Ketua DPC PKB Kolaka Utara, mantan anggota DPRD Kolaka Utara dua periode, mantan Wakil Bupati Kolaka Utara periode 2017-2022.

Pasangan Anton-Abbas resmi diusung menjadi bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Utara 2024 oleh dua partai yakni PDIP dan PKB dengan total peroleh kursi Parlemen 9. (B-info)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga