Kamar Perawatan BLUD RS Konawe Penuh, Pasien Terus Berdatangan

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 22 Februari 2024
0 dilihat
Kamar Perawatan BLUD RS Konawe Penuh, Pasien Terus Berdatangan
Sejumlah pasien di IDG BLUD RS Konawe belum mendapatkan ruang rawat inap. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" sejumlah pasien anak dan dewasa di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Kabupaten Konawe meningkat drastis. Hal ini mengakibatkan sejumlah pasien belum mendapatkan ruangan "

KONAWE, TELISIK ID - sejumlah pasien anak dan dewasa di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Kabupaten Konawe meningkat drastis. Hal ini mengakibatkan sejumlah pasien belum mendapatkan ruangan.

Meningkatnya jumlah pasien disebabkan oleh berbagai penyakit seperti Demam Berdarah (DBD), radang paru, diare, tipes, dan campak dan untuk pasien dewasa kebanyakan dengan kondisi seperti asam lambung dan demam.

Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) BLUD RS Konawe, Ns Supriadi, menjelaskan bahwa lonjakan pasien di BLUD RS Konawe terjadi pada pasien anak.

Baca Juga: Nyaris Tumbang, Ini Perolehan Suara Kery Saiful Konggoasa Se-Keluarga

Ia menambahkan, lebih dari dua puluh pasien anak masih belum mendapatkan tempat tidur, sedangkan tiga puluh pasien lainnya telah diberikan tempat.

"Beberapa pasien anak juga dititipkan di ruang pasien dewasa. Jumlah tempat tidur di rumah sakit mencapai lebih dari 200," jelasnya, Kamis (22/2/2024).

Lebih lanjut, Ns Supriadi menjelaskan, dalam satu minggu terakhir, terdapat sekitar 10 pasien demam berdarah dan ada juga yang datang dengan keluhan diare.

"Saat ini, ada sekitar 39 orang yang belum mendapatkan ruangan. Di IGD, ada 25 tempat tidur dengan tambahan 10 tempat tidur darurat. Selain itu, ada juga yang ditempatkan di kursi roda," ungkapnya.

Ns Supriadi menambahkan sebagai antisipasi ruangan yang biasanya digunakan untuk bersalin dimodifikasi menjadi tempat penitipan pasien umum.

Ia pun membeberkan, semua ruang bersalin digabungkan menjadi satu, tempat menitipkan pasien anak dan dewasa yang belum mendapatkan kamar. Namun, pasien yang mengidap penyakit menular tetap diisolasi.

"Kami memodifikasi ruang bersalin untuk menampung pasien umum yang belum mendapatkan kamar. Pasien yang menular tetap diisolasi," jelasnya.

Ia mengungkapkan, pihak rumah sakit telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk memanfaatkan puskesmas yang ada. Pasien yang masih dapat dirawat di puskesmas ditangani di sana, kecuali jika membutuhkan spesialis atau pemeriksaan laboratorium, baru dirujuk ke BLUD Kabupaten Konawe.

Humas BLUD RS Konawe, Hasran, menjelaskan bahwa sejak beberapa hari lalu RS tersebut mengalami lonjakan pasien yang signifikan. Akibatnya, sejumlah pasien tidak mendapatkan kamar. Meskipun demikian, layanan tetap tersedia.

"Pelayanan tetap berjalan meskipun situasi di rumah sakit sangat padat sejak Senin. Kami akan memindahkan pasien yang sudah diizinkan pulang oleh dokter untuk memberikan ruang kepada pasien baru," ungkapnya.

Hasran juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh pembesuk dan pasien itu sendiri akibat situasi ini.

Baca Juga: Diduga Mengantuk, Sopir Mobil Pengangkut Cabai Tewas Usai Alami Kecelakaan

Sementara itu, Direktur BLUD RS Konawe Abdul Rahman Matta, menjelaskan saat ini kondisi ranjang pasien di ruang perawatan penuh dan seluruh ranjang pasien di IGD telah terisi.

"Kita tidak mungkin menolak pasien yang meminta pertolongan. Untuk itu petugas IGD berusaha maksimal memberikan penanganan, termasuk memanfaatkan ruang koridor," jelas direktur.

Direktur menambahkan, sebagai informasi bahwa membludaknya pasien tidak hanya terjadi di ruang perawatan dan IGD, tetapi juga terjadi pada pasien rawat jalan khususnya di poli juga terjadi lonjakan yang mana sejak subuh pasien sudah antri.

"Sehingga petugas kami di poli harus bekerja hingga melewati jam pelayanan," ujarnya. (A)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga