adplus-dvertising

Kambalu, Kuliner Tradisional Khas Wakatobi yang Kenyal

Mohamad Lukman Saputra, telisik indonesia
Sabtu, 22 Agustus 2020
4588 dilihat
Kambalu, Kuliner Tradisional Khas Wakatobi yang Kenyal
Kuliner tradisional Wakatobi, Kambalu. Foto: google

" Kambalu ini menjadi makanan pengganti nasi orang tua kami di masa lampau selain Soami, karena dulu beras jarang sekali ditemukan pada tempat ini. "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Sebagai kabupaten yang memiliki keindahan pariwisata bawah laut, Wakatobi juga kaya akan kuliner tradisionalnya.

Salah satu kuliner khas Wakatobi yang mampu memanjakan lidah bagi setiap penikmatnya adalah Kambalu.

Bahan dasar kambalu ini terbuat dari keladi  yang telah dihaluskan, santan kelapa, bawang merah, garam serta daun kelapa untuk pembungkusnya.


Untuk membuat makanan khas ini ialah dengan mencampurkan semua bahan dasar yang telah disiapkan lalu diaduk hingga rata.

Baca juga: Sinonggi, Makanan Khas Kendari Kaya Manfaat

Setelah diaduk hingga rata lalu, adonan tersebut dimasukkan ke dalam pembungkus yang terbuat dari daun kelapa muda dan diikat. Namun, daun tersebut diolesi minyak terlebih dahulu  agar adonan kambalu tidak lengket.

Kemudian masak air hingga mendidih dan masukkan Kambalu selama kurang lebih 30 menit-1 jam hingga warna daun kelapa berwarna cokelat. Setelah diangkat, Kambalu siap untuk disajikan.

Menurut penuturan Wa Ani, salah seorang warga Kabupaten Wakatobi menyebutkan, Kambalu menjadi makanan pengganti nasi orang terdahulu selain Soami karena beras sangat jarang ditemukan di Kabupaten Wakatobi.

"Kambalu ini menjadi makanan pengganti nasi orang tua kami di masa lampau selain Soami, karena dulu beras jarang sekali ditemukan pada tempat ini," jelasnya, Sabtu (22/8/2020).

Reporter: Mohamad Lukman Saputra

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga