Kampanye LA - IDA di Kabupaten Kolaka: Berjanji Berdayakan SDM Lokal untuk Pertambangan

Erni Yanti, telisik indonesia
Kamis, 03 Oktober 2024
0 dilihat
Kampanye LA - IDA di Kabupaten Kolaka: Berjanji Berdayakan SDM Lokal untuk Pertambangan
Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Lukman Abunawas-La Ode Ida kampanye di Kabupaten Kolaka. Foto: Ist

" Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas dan La Ode Ida (LA - IDA), mendengarkan aspirasi warga saat kampanye di Kabupaten Kolaka, Kamis (3/10/2024). Warga meminta agar sumber daya manusia (SDM) lokal diutamakan dalam pengelolaan tambang di daerah mereka "

KOLAKA, TELISISK.ID - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas dan La Ode Ida (LA - IDA), mendengarkan aspirasi warga saat kampanye di Kabupaten Kolaka, Kamis (3/10/2024). Warga meminta agar sumber daya manusia (SDM) lokal diutamakan dalam pengelolaan tambang di daerah mereka.

Salah seorang warga, Zainuddin, mengungkapkan kekecewaannya atas minimnya manfaat yang dirasakan dari keberadaan perusahaan tambang. Ia menegaskan, "Jangan hanya orang luar yang menikmati hasil tambang, sementara kami hanya merasakan debunya."

Menurutnya, masyarakat di Kecamatan Wolo, Kolaka, belum merasakan dampak positif yang signifikan dari kegiatan pertambangan.

Baca Juga: Rajiun - Purnama Prioritas Perbaikan Jalan di Kawite-wite Muna

Zainuddin juga menyoroti bahwa banyak putra-putri daerah yang belum mendapatkan kesempatan kerja di perusahaan tambang. Zainuddin berharap, jika Lukman terpilih sebagai gubernur, ia dapat memastikan pengutamaan SDM lokal.

"Kalau bapak Lukman bisa memastikan itu, saya dan seluruh warga Wolo akan mendukungnya di Pilgub Sultra," katanya.

Baca Juga: Survei Charta Politika: Konstituen TNA dan Ruksamin Bisa Pindah Pilihan di Pilgub Sultra 2024

Menanggapi hal tersebut, Lukman berjanji untuk memastikan keberadaan perusahaan tambang memberikan manfaat bagi masyarakat setempat. Ia menyatakan bahwa program "Sultra Aman dan Tertib" akan diterapkan untuk menindak perusahaan yang tidak memperhatikan kepentingan lokal.

"Masyarakat tidak boleh menderita akibat kehadiran tambang. Perusahaan harus memberikan manfaat, bukan hanya mengambil sumber daya dan pergi," tegasnya.

Dengan dukungan program ini, Lukman berharap dapat membawa perubahan positif bagi warga Kolaka dan mengoptimalkan potensi SDM lokal di sektor pertambangan. (Adv/C)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga