Kampung Cerdas, Siapkan Masyarakat Melek Teknologi

Affan Safani Adham, telisik indonesia
Minggu, 26 Juli 2020
0 dilihat
Kampung Cerdas, Siapkan Masyarakat Melek Teknologi
Kampung cerdas sebagai langkah untuk mencapai akses ke dunia online. Foto: Ist.

" Termasuk membantu mereka memahami tata cara memanfaatkan teknologi, terutama untuk marketing. "

YOGYAKARTA, TELISIK.ID - Masyarakat Kota Yogyakarta kini bisa menikmati jaringan internet berkecepatan 20 Mbps selama 24 jam, tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam, setelah fasilitas WiFi publik di sejumlah lokasi disediakan Info Tekno dan Live Media sekaligus mengedukasi masyarakat memanfaatkan teknologi.

Ketersediaan jaringan internet untuk warga itu merupakan bagian dari kampung cerdas. Dengan internet murah bisa menjangkau warga masyarakat.

Terlebih, dalam situasi pandemi COVID-19 ketersediaan internet bagi warga masyarakat sangat dibutuhkan. "Karena bisa memudahkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara online," ungkap Drs Heroe Poerwadi, MA, Wakil Wali Kota Yogyakarta, Minggu (26/7/2020).

Menurutnya, selain menunjang kegiatan pendidikan bagi anak-anak, juga untuk memajukan UMKM. "Sehingga bisa mensejahterakan warga masyarakat," papar Heroe.

Sebelum hadirnya jaringan internet mudah dan murah, yang merupakan kerjasama Pemerintah Kota Yogyakarta dan swasta itu, biasanya warga menggunakan internet secara mandiri. Diharapkan, gerakan kampung cerdas bisa dilakukan seluruh kampung di Kota Yogyakarta agar masyarakat memperoleh akses internet murah.

Bagi Heroe, fasilitas internet publik sebagai cara cerdas. "Daripada warga harus membeli paket internet secara mandiri," tandasnya.

Baca juga: Kampung Cerdas, Siapkan Masyarakat Melek Teknologi

Dikatakan Heroe, kampung cerdas sebagai langkah untuk menyiapkan masyarakat agar melek secara teknologi. "Manfaat yang didapat harus lebih banyak dan salah satunya dari sisi pendidikan," ungkap Heroe yang menambahkan, kampung Semaki memulai langkahnya dengan seluruh warga terakses internet.

Selain itu, juga diharapkan bisa membantu akses pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sehingga lebih mudah dalam memasarkan produknya.

"Termasuk membantu mereka memahami tata cara memanfaatkan teknologi, terutama untuk marketing," kata Heroe.

Di samping memudahkan masyarakat, adanya kampung cerdas ini bisa mencapai akses ke dunia online dan juga bisa menyejahterakan masyarakat. Dan ke depan perlu pendampingan cara memanfaatkan media sosial sebagai nilai tambah bagi masyarakat.

Terkait keamanan penggunaan internet, perlu ada filter terhadap konten yang tidak pantas diakses. Diharapkan keluarga juga berperan untuk melakukan pengawasan terhadap anak-anaknya dalam pemanfaatan internet.

Reporter: Affan Safani Adham

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga