Kampus UHO Dipadati Kendaraan, Macet hingga 1 Kilometer

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 01 Februari 2023
0 dilihat
Kampus UHO Dipadati Kendaraan, Macet hingga 1 Kilometer
Wisuda gelombang pertama priode Oktober 2022 sampai Januari 2023 Universitas Halu Oleo, menyebabkan kemacetan kendaraan hingga 1 kilometer. Foto: Ahmad Jaelani/Telisik

" Padatnya kendaraan dimulai saat akan memasuki gerbang pertama UHO dengan antrean hingga mencapai 1 kilometer sejak pukul 07.00 Wita "

KENDARI, TELISIK.ID - Ratusan kendaraan memadati area sekitar kampus Universitas Halu Oleo (UHO). Mereka adalah rombongan keluarga dan mahasiswa yang akan menghadiri wisuda gelombang pertama di hari Rabu (1/2/2023).

Padatnya kendaraan dimulai saat akan memasuki gerbang pertama UHO dengan antrean hingga mencapai 1 kilometer sejak pukul 07.00 Wita.

Kendaraan tersebut ditumpangi oleh para tamu undangan wisudawan, dari orang tua, sanak saudara hingga rekan-rekan kuliahnya.

Dari pantauan Telisik.id di lokasi, terlihat ratusan kendaraan dari roda dua hingga roda empat memenuhi Universitas Halu Oleo yang bertitik fokus pada gedung Auditorium Mokodompit tempat berlangsungnya acara wisuda.

Untuk pengamanan sendiri diketahui sepenuhnya diambil alih oleh pihak pengamanan kampus. Security kampus bertugas mengamankan area kampus luar dan dalam dibantu oleh Resimen Mahasiswa (Menwa).

Baca Juga: 1.716 Mahasiswa UHO Ikuti Wisuda Periode April-Juli 2022

Salah seorang security kampus, La Resa mengatakan, mulai pukul 05.00 Wita dia sudah mulai bertugas.

Dari pengamatan di lapangan, membludaknya antrean kendaraan juga berpengaruh terhadap kondisi parkiran Auditorium Mokodompit yang sudah penuh.

Akhirnya para pengunjung harus mencari alternatif dan memanfaatkan halaman Fakultas Program Pendidikan Vokasi dan juga Fakultas Hukum yang masih tersedia untuk lahan parkir.

Salah satu rombongan keluarga yang memanfaatkan alternatif tersebut Badirun (65), ia harus memarkirkan mobilnya jauh dari autorium dikarenakan parkiran sudah memenuhi kapasitas.

Baca Juga: Universitas Halu Oleo Kembali Gelar Wisuda Offline dalam Jumlah Besar

Sementara untuk kendaraan yang hanya mengantar para pengunjung, tidak diperkenankan dari pihak pengamanan untuk memarkirkan kendaraannya di sekitaran auditorim untuk mengantisipasi kemacetan.

Informasi yang diperoleh di lokasi, salah satu driver taxi online, Syukri (35) mengatakan, karena padatnya kendaraan di Auditorium Mokodompit, mereka tidak boleh parkir di dekat auditorium.

Para sopir atau pengantar diharuskan untuk berjalan satu arah guna mengantisipasi kemacetan. Diperkirakan kemacetan akan berlangsung hingga sore hari. (A)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga