Kamu Pakai YouTube Go? Aplikasi Ini Bakal Dimatikan Agustus 2022

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 10 Mei 2022
0 dilihat
Kamu Pakai YouTube Go? Aplikasi Ini Bakal Dimatikan Agustus 2022
Aplikasi YouTube Go yang bakal ditutup. Foto: Repro google.com

" Aplikasi YouTube Go yang merupakan platform dari Google ini bakal resmi dimatikan mulai Agustus 2022 "

JAKARTA, TELISIK.ID - Bagi yang menggunakan Aplikasi YouTube Go kini ada informasi terbaru yang perlu diketahui.

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, aplikasi YouTube Go yang merupakan platform dari Google ini bakal resmi dimatikan mulai Agustus 2022.

Dimana, alasan dihapusnya YouTube Go karena Google telah melakukan berbagai optimalisasi untuk platform utamanya, YouTube.

"Secara khusus kami telah meningkatkan kinerja untuk perangkat entry-level atau mereka yang menonton YouTube dengan jaringan lambat," kata YouTube, dikutip dari 9to5Google, belum lama ini.

Baca Juga: Indonesia Tempati Urutan ke-2 dengan Gamers Terbanyak di Dunia

Selain itu, perusahaan juga mengaku kalau YouTube memiliki opsi yang membantu pengguna mengurangi penggunaan data seluler apabila kuota internet mereka terbatas. Dengan demikian, aplikasi khusus seperti YouTube Go tak lagi diperlukan.

YouTube Go sendiri pertama kali diluncurkan pada tahun 2016. Ini adalah aplikasi YouTube versi ringan yang ditujukan untuk perangkat Android kelas entry-level ataupun mereka yang memiliki konektivitas internet terbatas.

Dikarenakan lebih ringan dari YouTube biasa, YouTube Go tidak memiliki fitur seperti memberikan komentar, posting, membuat konten, hingga tema gelap (dark mode).

YouTube Go sendiri saat ini sudah diinstal hingga 500 juta kali. Aplikasi itu juga tak lama diberikan update, yang mana pembaruan terakhir terjadi pada Oktober 2021.

Baca Juga: Kamu Pengguna WhatsApp? Ini Ada Rilis 3 Fitur Baru

Selama enam tahun terakhir, spesifikasi ponsel Android memang sudah meningkat secara menyeluruh. Jadi masuk akal apabila Google menghapus YouTube Go dan menggantinya dengan YouTube versi biasa.

Meski demikian, Google masih memiliki aplikasi Go lain seperti Google Search, Assistant, Maps, Navigation, Gmail, dan Gallery.

Untuk diketahui, mengutip dari wikipedia, YouTube Go adalah aplikasi Android yang bertujuan untuk membuat YouTube lebih mudah diakses di perangkat seluler di pasar negara berkembang.

Aplikasi ini berbeda dari aplikasi Android utama perusahaan dan memungkinkan video diunduh dan dibagikan dengan pengguna lain. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Baca Juga