Kantongi Izin Kemenkes, Lab COVID-19 RSUD Kolut Terbaik se-Sulawesi

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 13 Januari 2021
0 dilihat
Kantongi Izin Kemenkes, Lab COVID-19 RSUD Kolut Terbaik se-Sulawesi
Peresmian Lab PCR RSUD Djafar Harun Kolaka Utara. Foto: Muh. Risal/Telisik

" Kecepatan, akurasi, dan kapasitas Lab PCR RSUD Djafar Harun selevel balai Lab Kesehatan Daerah Makassar. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Laboratorium pemeriksaan COVID-19 RSUD Djafar Harun Kolaka Utara (Kolut), telah memiliki izin operasional dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

Sekertaris Daerah (Sekda) Kolut, Taufiq S. SP, MM mengungkapkan, izin operasional dari Kementerian Kesehatan RI tertuang melalui surat Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK. 01.07/MENKES/9847/2020 Tentang Jejaring Laboratorium Pemeriksaan COVID-19.

"Laboratorium PCR RSUD Djafar Harun sudah memiliki lisensi dari Kemenkes RI sejak 30 November 2020," kata Sekda Kolut, Selasa (12/1/2020).

Berdasarkan keputusan tersebut, Lab PCR RSUD Djafar Harun Kolut berada di urutan ke-224 dari 364 Laboratorium se-Indonesia yang telah memiliki izin Kemenkes dengan kode Lab C.223.  

Terpisah, Direktur RSUD Djafar Harun, dr. Syarif Nur, M.Kes, Sp.OG menjelaskan, selain telah mengantongi izin Kemenkes, Lab PCR RSUD Djafar Harun memiliki kapasitas terbesar dengan range tercepat dan teknologi Biomolekuler terbaru yang terbaik se-Sulawesi.

Baca juga: Bupati Muna Adukan Oknum Komisaris Bank Sultra di OJK

"Kecepatan, akurasi, dan kapasitas Lab PCR RSUD Djafar Harun selevel balai Lab Kesehatan Daerah Makassar," terangnya.

Untuk informasi, sebelum terbit Keputusan Kemenkes RI, pada tanggal 23 Juli 2020 Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara telah mengajukan surat permohonan registrasi laboratorium pemeriksa COVID-19 kepada Balitbang Kemenkes RI.

Surat tersebut menyatakan jika Lab RSUD Djafar Harun telah memenuhi standar sarana/prasarana, SDM, dan peralatan.

Surat Dinkes Sultra ini ditindaklanjuti oleh Kemenkes RI dengan mengeluarkan surat pada tanggal 7 Agustus 2020 dengan nomor: sr.01.07/II/3184/2020. Yang menyampaikan kepada Dinkes Sultra bahwa pemeriksaan dapat dilakukan di RS Djafar Harun Kolaka Utara sepanjang memenuhi syarat sesuai keputusan Kementerian Kesehatan RI Nomor: HK.01.07/MENKES/405/2020 tentang Jejaring Pemeriksaan COVID-19, di bawah pengawasan dan pembinaan Dinkes Sultra. (B)

Reporter: Muh. Risal

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga