Kantor Pos Mulai Salurkan BST pada 7.616 KK

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 21 Mei 2020
0 dilihat
Kantor Pos Mulai Salurkan BST pada 7.616 KK
Bupati Muna, LM Rusman Emba melaunching penyaluran BST Kemensos. Foto: Naryo/Telisik

" Penyalurannya bertahap. Bisa saja, dananya langsung diserahkan tiga bulan. "

MUNA, TELISIK.ID - Bantuan Sosial Tunai (BST) yang bersumber dari Kementrian Sosial (Kemensos) di Kabupaten Muna mulai disalurkan.

Bantuan tunai sebesar Rp 600 ribu itu disalurkan oleh Kantor Pos. Penyaluranya dilaunching langsung oleh Bupati Muna, LM Rusman Emba, Kamis (20/5/2020) untuk Kelurahan Raha II, Raha III Butung-Butung dan Mangga Kuning

Kata Kepala Kantor Pos Raha, La Mudinuru, BST yang disalurkan baru tahap pertama untuk bulan April. Keterlambatan penyaluran disebabkan, pihaknya baru menerima data devenintif dari Kemensos.

"Datanya baru kita terima hari Rabu, 24/5/2020," kata Mudinuru.

Baca juga: Jokowi Bakal Dikarantina Jika Mudik ke Solo

Data penerima BST sebanyak 7.616 Kepala Keluarga (KK). Penyaluranya dibagi per kecamatan. Tidak menutup kemungkinan, penyaluran bantuan akan diserahkan langsung selama tiga bulan (April-Juni).

"Penyalurannya bertahap. Bisa saja, dananya langsung diserahkan tiga bulan," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Muna, LM Rusman Emba menerangkan, jumlah penerima BST sebanyak 10.049 KK. Data penerima bertahap turun, karena ada perpanjangan penginputan data.

"Total secara keseluruhan 10.409 KK yang tersebar di 22 kecamatan. Jadi warga jangan panik, kalau memenuhi syarat, pasti akan dapat bantuan," ungkapnya.

Baca juga: 28 Santri Klaster Temboro di Bombana Jalani Swab

Mantan senator DPD-RI itu mengaku, proses penyaluran BST telat dikarenakan penginputan data yang begitu rumit. Artinya, bila data calon penerima tidak valid, maka otomatis tidak akan mendapat bantuan. Nah, warga yang datanya tidak valid itu, bukan berarti tidak akan mendapat bantuan, akan tetapi dicarikan bantuan lain.

"Bansos ini banyak jenisnya. Kalau ada yang tidak dapat BST, kita usahakan dapat bantuan sembako atau BLT dari Provinsi," ungkapnya.  

Ia berharap Bansos yang sudah disalurkan dapat membantu warga di tengah pandemi COVID-19. Pemkab tentunya akan selalu hadir di tengah-tengah warga.

"Kita berdoa bersama semoga wabah penyakit ini segera berakhir sehingga warga bisa beraktivitas kembali," pintanya.

Reporter: Naryo

Editor: Sumarlin

Baca Juga