Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Launching Aplikasi SILILABA

La Ode Andi Rahmat, telisik indonesia
Senin, 26 Juni 2023
0 dilihat
Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Launching Aplikasi SILILABA
Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara launching aplikasi sistem laporan informasi layanan berbasis aplikasi atau SILILABA. Foto: Ist.

" Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba bersama Kepala Divisi Pemasyarakatan Muslim, Kepala Divisi Keimigrasian Sjachril, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Hidayat Yasin memimpin apel pagi bersama yang dirangkaikan dengan launching aplikasi sistem laporan informasi layanan berbasis aplikasi (SILILABA) di aula Kanwil "

KENDARI, TELISIK.ID - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba bersama Kepala Divisi Pemasyarakatan Muslim, Kepala Divisi Keimigrasian Sjachril, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Hidayat Yasin memimpin apel pagi bersama yang dirangkaikan dengan launching aplikasi sistem laporan informasi layanan berbasis aplikasi (SILILABA) di aula Kanwil, Senin (26/6/2023).

Sebelum kegiatan launching aplikasi SILILABA dilaksanakan, Kakanwil menyerahkan penghargaan kepada salah satu pegawai Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara sebagai pegawai teladan pada Juni, yaitu Cipta Sembiring.

Dalam sambutannya, Kakanwil memberikan beberapa arahan kepada seluruh jajarannya untuk selalu menjaga marwah organisasi, jangan terlena dan kehilangan jati diri.

Baca Juga: Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Rapat Mendadak, Minta Jajaran Evaluasi Komprehensif

"Kita memang tidak sempurna, tapi kita harus berusaha memperbaiki setiap kesalahan yang ada untuk menjadi lebih baiknya demi organisasi," tegas Silvester.

Kakanwil juga mengatakan, adanya aplikasi SILILABA diharapkan informasi mengenai pelayanan serta informasi administrasi di lingkup Kanwil kemenkumham Sulawesi Tenggara, dapat dijangkau masyarakat banyak bahkan dengan instansi tetangga.

"Aplikasi SILILABA ini merupakan terobosan dalam dunia digital untuk memberikan transparansi, baik informasi lapas/rutan, bapas serta keimigrasian, karena aplikasi ini berisikan informasi kehadiran pegawai perharinya, data warga binaan pemasyarakatan, jumlah kunjungan di lapas/rutan, jumlah pembuatan paspor serta jumlah warga asing yang masuk di Sulawesi Tenggara dan dapat diakses oleh masyarakat," ungkap Silvester.

Kakanwil menyampaikan, aplikasi itu bisa memudahkan kontrol dari setiap Kepala Divisi kepada jajarannya, baik di pemasyarakatan maupun Imigrasi karena aplikasi ini bersifat real time, pelaporan dilakukan setiap hari sehingga setiap unit pelaksana teknis maupun Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara dapat dilakukan monitoring dan pengawasan secara terpusat.

"Dengan adanya SILILABA ini dapat menjadi solusi dari setiap masalah yang ada pada sistem palayanan dan informasi kepada masyarakat, saya harap aplikasi ini bisa terus dikembangkan dan dijalankan serta bukan hanya sekedar pajangan saja," ujar Silvester.

Kakanwil berharap, aplikasi itu bisa menjadi pusat setiap aplikasi yang sudah ada seperti Silaris, SIPANDA, RONEO, dan setiap pejabat dan pegawai mampu menjaga dan mengembangkan aplikasi SILILABA tersebut. Menjadi kebanggaan tersendiri adalah aplikasi SILILABA merupakan aplikasi yang dikembangkan sepenuhnya oleh Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara.

Selanjutnya, Kakanwil yang didampingi seluruh kepala divisi secara resmi melaunching aplikasi SILILABA sekaligus menyaksikan demo dari penggunaan aplikasi SILILABA, serta perkenalan fitur-fitur apa saja yang ada di dalamnya.

Seluruh UPT yang dipimpin setiap Kepala UPT masing-masing yang mengikuti kegiatan secara virtual melalui zoom meeting, juga turut memberikan dukungan terhadap launchingnya aplikasi SILILABA ini. Dengan harapan, aplikasi ini dapat memberikan kontribusi yang maksimal serta trend yang positif pada lingkup Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara.

Segala bentuk peningkatan mutu pelayanan Kemenkumham memang menjadi perhatian penting Menteri Hukum dan HAMYasonna Hamomangan Laoly.

Selumnya Yasonna Hamonangan Laoly, memberi pesan pada apel awal tahun 2023 agar ASN lingkup Kemenkumham memiliki optimisme, semangat bekerja, dan kesehatan prima sehingga produktivitas kinerja tidak terganggu serta terget kinerja dapat tercapai.

Mampu mempertahankan berbagai capaian prestasi yang telah diperoleh sebelumnya bahkan dapat meningkatkan raihan prestasi yang lebih baik lagi.

Baca Juga: Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Koordinasi dan Sosialisasi Implementasi Keadilan Restoratif Bagi Pelaku Dewasa

Mampu mewujudkan Kememkumham semakin pasti dan BerAHLAK sehingga dapat mendukung peningkatan produktivitas untuk tranformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan dengan langkah nyata dan berbagai terobosan kreatif.

Mampu memenuhi capaian target kenerja sebanyak 116,77 pada tingkat pusat dan 39 pada satuan kewilayahan dengan baik dan hasilnya akuntabel.

Memiliki komitmen dan tanggung jawab moral serta konsisten dalam menjaga integritas, sehingga dapat meminimalisir berbagai potensi penyimpangan.

Sikapi tahun politik dengan menjunjung netralitas dan tidak memihak berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang ada. (B-Adv)

Penulis: La Ode Andi Rahmat

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga