Kanwil Kemenkumham Sultra Edukasi Kekayaan Intelektual pada Siswa se-Kota Kendari

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Jumat, 26 April 2024
0 dilihat
Kanwil Kemenkumham Sultra Edukasi Kekayaan Intelektual pada Siswa se-Kota Kendari
Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara (kiri) saat melakukan sosialisasi kekayaan intelektual kepada siswa. Foto: Ist.

" Kantor Wilayah Kemenkum HAM Sulawesi Tenggara turut ambil bagian dalam kegiatan Guru Kekayaan Intelektual (RuKI) Bergerak" yang digelar serentak di seluruh provinsi se-Indonesia sebagai bagian dari rangkaian Peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia ke-24 Tahun 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID - Kantor Wilayah Kemenkum HAM Sulawesi Tenggara turut ambil bagian dalam kegiatan Guru Kekayaan Intelektual (RuKI) Bergerak" yang digelar serentak di seluruh provinsi se-Indonesia sebagai bagian dari rangkaian Peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia ke-24 Tahun 2024, Jum’at (26/04/2024).

RuKI Goes To School bertajuk RuKI Bergerak bertujuan menanamkan pengetahuan mengenai kekayaan intelektual sejak dini secara sederhana melalui semangat berkarya dan berinovasi bagi pelajar SMA dan SMK, agar lebih memahami pentingnya perlindungan dan menghargai kekayaan intelektual sehingga dengan kemauan sendiri mendaftarkan kekayaan intelektual.

RuKI Bergerak tahun 2024 yang dilaksanakan oleh Kanwil Kemenkumham Sultra ini mengambil sekolah tingkat SMA Sederajat se-Kota Kendari diantaranya SMAN 4 Kendari, SMKN 1 Kendari, SMKN 3 Kendari, SMKN 4 Kendari, dan MAN 1 Kendari.

Pada kegiatan RuKI BERGERAK ini seluruh Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara mengambil bagian masing-masing tiap sekolah menjadi 5 tim.

Baca Juga: DPRD Sulawesi Tenggara Gelar Paripurna Peringatan HUT Ke-60

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sultra Silvester Sili Laba berada di SMAN 4 Kendari dan disambut langsung oleh Kepala SMAN 4 Kendari, Liyu.

Tim selanjutnya yang dipimpin oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Bambang Haryanto disambut oleh Kepala SMKN 1 Kendari, Ali Kuoa, kemudian tim yang dipimpin oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Hidayat Yasin diterima langsung oleh Kepala SMKN 3 Kendari, Muhammad Kasman Said,

Selanjutnya, Kepala Divisi Admnistrasi Sunu Tedy Maranto yang memimpin tim lainnya berada di SMKN 4 Kendari yang disambut langsung dengan Kepala SMKN 4 Kendari, Herman, serta tim terakhir dipimpin oleh Kepala Divisi Keimigrasian, Sjachril berada di MAN 1 Kendari dan disambut hangat oleh Kepala MAN 1 Kendari, La Tangkalalo.

Seluruh Pimti Pratama Kanwil Kemenkumham Sultra membawa tugas dan misi penting dalam kegiatan RuKI Bergerak ini, untuk edukasi terkait Kekayaan Intelektual yang sudah selayaknya ditanamkan sejak di bangku sekolah.

Pengetahuan tersebut penting sebagai bekal untuk menciptakan generasi yang sadar akan pentingnya pelindungan dan menghargai Kekayaan Intelektual. Hal ini memiliki tujuan besar jangka panjang berupa kebangkitan ekonomi negara.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sultra, Silvester Sili Laba memperkenalkan Kekayaan Intelektual atau KI kepada siswa/i sekolah yang tentu memiliki beberapa manfaat yang tak terbantahkan.

Pertama, ungkap Silver Sili Laba, hal untuk membantu mengembangkan rasa hormat dan etika terhadap karya orang lain.

Kemudian, lanjut dia, meningkatkan kesadaran seluruh peserta didik yang memiliki kekayaan intektualnya sendiri dapat mendaftarkannya, yang pada akhirnya akan meningkatkan permohonan pendaftaran KI di dalam negeri.

"Anak-anak diajarkan bahwa karya-karya orang lain seperti buku, lagu, atau gambar adalah hasil usaha dan kreativitas seseorang yang harus dihormati," bebernya.

Lebih lanjut, kata Silvester, hal ini dapat mengajarkan siswa/i bahwa plagiarisme bahkan mengambil karya orang lain tanpa izin merupakan tindakan yang salah, bahkan dikategorikan pelanggaran hukum.

Kakanwil juga berharap, dengan memahami Kekayaan Intelektual juga turut membantu mengembangkan keterampilan kreatif. Siswa/i dapat terinspirasi oleh karya-karya orang lain, sehingga mendorong mereka untuk mengeksplorasi dan mengembangkan bakat, hingga menghasilkan karya maupun produk Kekayaan Intelektual.

Baca Juga: Sinergi Kementrian ATR/BPN - Polda Sultra Ungkap Kerugian Negara Ulah Mafia Tanah Capai Rp 1,7 Triliun

Setiap sekolah yang berkesempatan mengikuti kegiatan ini juga turut semangat dan memberikan trend yang sangat positif, hal ini tentu saja terjadi karena tidak setiap sekolah dapat mengikuti kegiatan yang memiliki banyak manfaat ini.

Dal kesempatan ini masing-masing sekolah juga menerima cinderamata sebagai tanda terima kasih Kanwil Kemenkumham Sultra kepada sekolah tersebut,.

Kemudian setiap peserta didik yang mengikuti kegiatan mendapatkan goodie bag, serta doorprize bagi peserta didik yang turut aktif dalam kegiatan, baik dalam diskusi maupun pelaksanaan tes yang diselenggarakan oleh panitia.

Setiap peserta didik juga antusias dalam mengikuti kegiatan ini karena menurut mereka kegiatan tersebut adalah pengalaman yang cukup mahal untuk mereka dapatkan diusia yang cukup dini. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga