adplus-dvertising

Kapal Hangus Terbakar, 181 Penumpang KM Karya Indah Selamat dari Maut

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 29 Mei 2021
1162 dilihat
Kapal Hangus Terbakar, 181 Penumpang KM Karya Indah Selamat dari Maut
Kondisi KM Karya Indah usai terbakar di Laut Maluku Utara. Foto: Humas Basarnas Ternate

" (Kapal) sudah dievakuasi ke pulau terdekat. Pulau Lifamatola, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara "

SANANA, TELISIK.ID - Seluruh penumpang dan Anak Buah Kapal (ABK) KM Karya Indah yang terbakar, telah berhasil dievakuasi.

KM Karya Indah tersebut terbakar di Perairan Pulau Limafatola, Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara pada Sabtu (29/5/2021) pukul 07.00 Wita.

Proses evakuasi dilakukan langsung oleh tim reaksi cepat atau Quick Response Team (QRT) melalui KSOP Kelas II Ternate dan UPP Sanana serta unsur SAR terkait.


"(Kapal) sudah dievakuasi ke pulau terdekat. Pulau Lifamatola, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara," ungkap Humas Basarnas Ternate, Ichsan, saat dihubungi, Sabtu (29/5/2021).

Baca Juga: Kapal Rute Ternate-Kepulauan Sula Terbakar, Bagaimana Nasib 181 Penumpangnya?

Berdasarkan foto yang diterima Telisik.id, kapal KM Karya Indah terlihat mengapung di tengah laut usai mengalami kebakaran. Kapal tersebut kini sudah tidak terbakar lagi.

Hanya saja, masih ada asap hitam yang mengepul di beberapa bagian kapal. Mayoritas bagian kapal tampak hangus terbakar.

Ichsan menuturkan, para korban langsung loncat ke laut saat kapal terbakar. Mereka menggunakan life jacket (baju pelampung) yang sudah disediakan.

"Iya, para korban langsung loncat ke laut menggunakan life jacket di saat kapal terbakar," paparnya.

Pada saat kejadian, kapal sedang membawa 14 orang ABK dan 181 orang penumpang terdiri dari 155 orang dewasa, 22 anak dan 4 lansia.

Baca Juga: Jangan Panik, Begini Cara Menyelamatkan Diri saat Kapal Tenggelam

Sebelumnya, Kapal KM Karya Indah yang mengangkut 181 orang dikabarkan terbakar di Perairan Pulau Limafatola, Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, Sabtu (29/5/2021).

Berdasarkan rekaman video yang diterima Telisik.id, kapal itu mengalami kebakaran di bagian belakang hingga merembet ke hampir ke seluruh bagian kapal.

Humas Basarnas Kendari, Wahyudi membenarkan informasi tersebut. Namun ia tak bisa memberikan informasi lebih akurat karena itu wilayah Basarnas Ternate. (B)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga