Kapal Over Kapasitas, Banyak Penumpang Harus Berdiri dan Melantai

Erni Yanti, telisik indonesia
Minggu, 02 Juli 2023
0 dilihat
Kapal Over Kapasitas, Banyak Penumpang Harus Berdiri dan Melantai
Banyak penumpang yang harus berdiri karena tak kebagian kursi meskipun memiliki tiket. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Kapal cepat rute Raha-Kendari mengalami over kapasitas. Akibatnya, banyak penumpang yang memiliki tiket tapi tak mendapatkan kursi "

MUNA, TELISIK.ID - Puncak arus balik pasca lebaran Idul Adha diperkirakan terjadi pada hari ini, Minggu (2/6/2023). Kapal cepat rute Raha-Kendari mengalami over kapasitas. Akibatnya, banyak penumpang yang memiliki tiket tapi tak mendapatkan kursi.

Pantauan Telisik.id, banyak penumpang yang yang memiliki tiket namun mereka harus berdiri, bahkan duduk melantai di kapal.

Teriakan panas diamana-mana terdengar, banyak orang yang ingin bergeser membenahi barang-barang, namun tidak ada cukup tempat untuk bergeser kesana kemari.

"Coba bukakan itu pintu di atas nanti ada yang pingsan, panas sekali ini," terik seorang penumpang sambil mengipas tubuhnya dengan kertas.

Di tiket, untuk nomor kursi penumpang tertulis xxxx (tanpa kursi) tetap laris terjual, dengan harga yang sama. Para penumpang tetap ngotot mengambil tiket walaupun tanpa kursi, karena mereka tidak mau ribet berurusan dengan calo di dalam kapal.

Baca Juga: Diduga Over Kapasitas Kapal Cepat Rute Kendari-Raha-Baubau Disidak Polisi

Menurut penuturan beberapa penumpang, hari ini mereka baru balik dari kampung kembali ke tanah rantau Kendari, untuk melanjutkan pekerjaan atau pendidikan.

"Iya ada tiket tapi tidak tempat duduk, banyak penumpang yang pulang lebaran, hari ini balik karena mau kerja mi hari Senin," tutur Hunter, salah seorang penumpang.

Para penumpang yang lain rela memesan tiket jauh hari sebelum keberangkatan, walaupun dengan harga yang relatif lebih mahal, demi mendapatkan tempat duduk dan tak mau berdesakan.

Baca Juga: Penumpang Membludak di Pelabuhan Kapal Malam Kendari Jelang Idul Adha

"Saya pesan duluan tiket kemarin, kalau tidak sa tidak akan dapat tempat duduk karena banyak sekali penumpang," tutur Rama, salah seorang penumpang yang berprofesi  mahasiswa.

Sementara salah satu karyawan Kapal KM Bahari 6E, Udin, mengungkapkan bahwa adanya tiket non kursi karena kursi sudah habis dipesan oleh penumpang lain.

"Itu tergantung dari penumpang yang mau berangkat karena sudah dikasitau di loket pembelian tiket, bahwa ada tiket tapi tanpa kursi, dan mereka tetap mau beli," bebernya. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga