Kapal Tenggelam, 4 Nelayan Wakatobi Ditemukan Selamat

Wiwik Prihastiwi, telisik indonesia
Rabu, 30 Agustus 2023
0 dilihat
Kapal Tenggelam, 4 Nelayan Wakatobi Ditemukan Selamat
Kapal nelayan yang ditumpangi tenggelam, empat korban ditemukan selamat oleh nelayan Waha, Wakatobi. Foto: Ist.

" Satu buah kapal ikan dengan 4 penumpang, dilaporkan mengalami kecelakaan di perairan sebelah utara Wakatobi "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Satu buah kapal ikan dengan 4 penumpang, dilaporkan mengalami kecelakaan di perairan sebelah utara Wakatobi. Korban diketahui bernama Dilen (27), Adin (20), Nasar (17) dan Ari (19). Mereka merupakan warga Mola Wanci, Wakatobi.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KKP) Kendari, Muhamad Arafah menuturkan, laporan tersebut diterima oleh Comm Centre KKP Kendari pada Rabu (30/8/2023) sekira pukul 06.43 Wita dari salah satu keluarga korban, Kindarson.

Muhamad Arafah menceritakan kronologi peristiwa tersebut bermula pada hari Jumat (25/8/2023) pukul 10.00 Wita, kapal tersebut bertolak dari Pulau 7 Ambon menuju Wanci. Dalam pelayarannya tiba-tiba cuaca buruk, gelombang tinggi dan angin kencang sekitar pukul 05.00 Wita, yang mengakibatkan kapal tenggelam.

"Pelapor sempat berkomunikasi dengan kapten kapal (Dilen) dan sempat menyebutkan posisi para korban pada haluan 60° dari Pulau Wanci. Pencarian telah dilakukan oleh pihak keluarga dengan hasil nihil hingga informasi ini diterima," jelasnya.

Baca Juga: Kapal Tenggelam di Perairan Tanjung Toronipa 2 Selamat, 1 Hilang

Baca Juga: Kronologi Korban Kapal Tenggelam di Tengah Laut Selama 7 Jam di Perairan Buton

Berdasarkan laporan yang diterima, tim rescue pos SAR Wakatobi diberangkatkan menuju lokasi tersebut pada pukul 07.00 Wita.

Sementara Kasat Polair Polres Wakatobi, Ipda Laode Kayfulani Usman mengungkapkan, saat mendapatkan laporan dari Dan Pos SAR Wakatobi terkait kejadian laka laut, ia langsung memerintahkan piket Sat Polair untuk segera bergabung dengan tim (SAR dan Pos TNI AL) untuk melakukan pencarian dan penyelamatan.

"Sinergitas, kolaborasi SAR Wakatobi, Sat Polair Polres Wakatobi, Pos TNI AL Wakatobi untuk melakukan tindakan penyelamatan adalah hal prioritas Sat Polair Polres Wakatobi sehingga kapan saja kita dapat info tetap wajib siap membantu, tidak ada pengecualian," ujarnya. (B)

Penulis: Wiwik Prihastiwi

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga