Kapan Sebaiknya Bayi Pakai Pasta Gigi?

Haidir Muhari, telisik indonesia
Senin, 16 Agustus 2021
0 dilihat
Kapan Sebaiknya Bayi Pakai Pasta Gigi?
Ilustrasi gigi bayi yang sehat. Foto: Repro Theasiantparent.com

" Gigi bayi perlu dijaga kebersihannya sedini mungkin, bahkan sejak gigi pertama muncul. "

KENDARI, TELISIK.ID - Menjaga kesehatan gigi dan mulut tidak hanya bagi orang dewasa, tetapi juga untuk bayi.

Gigi bayi perlu dijaga kebersihannya sedini mungkin, bahkan sejak gigi pertama muncul. Orang tua dianjurkan secara rutin memperhatikan kesehatan gigi bayinya.

Untuk membersihkan gigi bayi, orang tua perlu menggunakan sikat khusus bayi yang berbulu lembut. Cara membersihkannya pun tidak sama dengan cara orang dewasa.

Amankah menggunakan pasta gigi untuk bayi? Bagaimana jika pasta gigi secara tak sengaja tertelan oleh bayi? Bagaimana juga membersihkan sisa pasta di mulut bayi, sementara ia belum dapat meludah dan berkumur?

Bolehkah Bayi Pakai Pasta Gigi?

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP) dilansir dari Kumparan.com, orang tua boleh membersihkan gigi bayi atau anak di bawah 3 tahun dengan pasta gigi. AAP merekomendasikan penggunaannya cukup seukuran sebutir beras.

Pasta gigi yang untuk bayi disarankan bukan yang dipakai orang dewasa pada umumnya. Berikut tips memilih pasta gigi yang tepat untuk bayi.

Baca juga: 5 Cara Mudah Atasi Bau Mulut Akibat Menggunakan Masker

Baca juga: 7 Cara Menghemat Kuota Data Menggunakan Aplikasi Zoom Saat Belajar Online

Tips Memilih Pasta Gigi Bayi

Dilansir dari Popmama.com, penting untuk diperhatikan oleh orang tua dalam memilih pasta gigi bayi adalah mengetahui kandungannya. Orang tua dapat melihat itu pada label kemasan produk.

Pasta gigi yang cocok untuk bayi adalah yang bebas dari bahan kimia berbahaya dan aman jika tertelan. Carilah pasta gigi bayi yang bebas fluoride.

Fluoride umumnya terdapat pada produk pasta gigi. Jika fluoride tertelan secara berlebihan dapat merusak email gigi dan akibatkan sakit perut.

Hindari juga penggunaan sodium lauryl sulfate (SLS). Bahan ini kadang terdaftar sebagai sodium laureth sulfate. Kandungan ini adalah jenis deterjen kuat yang dapat menimbulkan sariawan.

Perhatikan baik-baik untuk memilihkan pasta gigi yang bebas pengawet, bebas pewarna dan pengharum, tidak ada rasa, dan bebas bahan kimia lainnya. Selamat mencoba. (C)

Reporter: Haidir Muhari

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga