Kapan Waktu Terbaik Bayar Zakat Fitrah? Simak Penjelasannya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 05 April 2024
0 dilihat
Kapan Waktu Terbaik Bayar Zakat Fitrah? Simak Penjelasannya
Zakat fitrah menjadi salah satu kewajiban yang harus ditunaikan di bulan Ramadan. Foto: Repro Freepik/EyeEm

" Salah satu kewajiban yang harus ditunaikan umat Islam saat bulan suci Ramadan adalah membayar zakat fitrah. Dalam menunaikannya, ternyata ada waktu terbaik untuk membayar zakat fitrah ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kewajiban yang harus ditunaikan umat Islam saat bulan suci Ramadan adalah membayar zakat fitrah. Dalam menunaikannya, ternyata ada waktu terbaik untuk membayar zakat fitrah ini.

Pada umumnya, dikutip dari baznas.go.id, zakat fitrah (zakat al-fitr) adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadhan pada Idul Fitri.

Zakat ini sebagaimana hadist Ibnu Umar ra, "Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas umat muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau saw memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk shalat." (HR Bukhari Muslim)

Selain untuk mensucikan diri setelah menunaikan ibadah di bulan Ramadhan, zakat fitrah juga dapat dimaknai sebagai bentuk kepedulian terhadap orang yang kurang mampu, membagi rasa kebahagiaan dan kemenangan di hari raya yang dapat dirasakan semuanya termasuk masyarakat miskin yang serba kekurangan.

Zakat fitrah wajib ditunaikan bagi setiap jiwa, dengan syarat beragama Islam, hidup pada saat bulan Ramadhan, dan memiliki kelebihan rezeki atau kebutuhan pokok untuk malam dan Hari Raya Idul Fitri.

Baca Juga: 4 Amalan Penting Menjelang Hari Akhir Ramadan

Adapun besarannya adalah beras atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa.

Para ulama, diantaranya Shaikh Yusuf Qardawi telah membolehkan zakat fitrah ditunaikan dalam bentuk uang yang setara dengan 1 sha’ gandum, kurma atau beras. Nominal zakat fitrah yang ditunaikan dalam bentuk uang, menyesuaikan dengan harga beras yang dikonsumsi.

Dalam menunaikannya, ternyata ada waktu terbaik untuk membayar zakat fitrah ini. Lantas, bagaimana penjelasan waktu terbaik ini?

Melansir cnnindonesia.com dari NU Online dan sumber lainnya, berikut penjelasan terkait waktu pembayaran zakat fitrah:

1. Waktu wajib

Waktu wajib adalah waktu yang utama untuk mengeluarkan zakat fitrah. Waktu yang wajib mengeluarkan zakat fitrah adalah pada akhir Ramadhan dan awal Syawal.

Artinya, muslim membayar zakat fitrah setelah melangsungkan puasa Ramadhan terakhir sampai terbitnya matahari awal Syawal atau berlangsungnya sholat Subuh.

2. Waktu sunnah

Waktu sunnah adalah waktu yang diperbolehkan. Waktu sunnah juga merupakan waktu yang baik untuk menunaikan kewajiban membayar zakat fitrah.

Adapun waktu sunnah membayar zakat fitrah berlangsung sampai sebelum berlangsungnya sholat Idul Fitri.

3. Waktu mubah

Waktu mubah adalah waktu yang diperbolehkan meski bukan yang utama. Waktu mubah untuk membayar zakat fitrah yakni sejak awal hingga akhir Ramadhan.

Ini berarti, muslim tidak boleh membayar zakat fitrah sebelum Ramadhan.

Baca Juga: Ini Tanda Alam Jelang Lailatul Qadar dari Rasulullah

4. Waktu makruh

Waktu makruh adalah waktu yang dilarang, meski tidak ada konsekuensi ketika melakukannya.

Waktu makruh mengeluarkan zakat fitrah adalah setelah sholat Idul Fitri sampai 1 Syawal berakhir atau menjelang sholat Magrib ketika Matahari terbenam.

5. Waktu haram

Waktu haram adalah waktu yang dilarang dan ada konsekuensi dari pembayaran zakat pada waktu haram, yaitu zakatnya dianggap qada.

Waktu haram membayar zakat fitrah adalah setelah 1 Syawal berakhir atau sehari setelah Idul Fitri.

Nah, itulah ketentuan dan penjelasan terkait waktu terbaik untuk membayar zakat fitrah. Semoga bermanfaat.

Penulis: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga