Kapolda Sulawesi Tenggara Beberkan Program Transformasi Presisi dari Kapolri

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 04 September 2024
0 dilihat
Kapolda Sulawesi Tenggara Beberkan Program Transformasi Presisi dari Kapolri
Kapolda Sutra, Irjen Pol Dwi Irianto saat membuka Rakernis di Hotel Claro, Kendari. Foto: Ist.

" Kapolda Sulawesi Tenggara Irjen Pol Dwi Irianto, membuka Rapat Kerja Teknis gabungan yang melibatkan tujuh Direktorat, Bidang Keuangan dan Bidang Humas Polda Sultra Tahun Anggaran 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID - Kapolda Sulawesi Tenggara Irjen Pol Dwi Irianto, membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) gabungan yang melibatkan tujuh Direktorat, Bidang Keuangan (Bid Keu), dan Bidang Humas Polda Sultra Tahun Anggaran 2024, di Claro Hotel Kendari, Rabu (4/8/2024).

Rakernis ini mengusung tema yang relevan dengan situasi keamanan nasional, yakni "Polda Sultra Siap Mendukung Stabilitas Kamtibmas yang Kondusif dalam Proses Demokrasi guna Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan".

Irjen Pol Dwi Irianto, dalam sambutannya, menekankan pentingnya rakernis ini sebagai ajang strategis untuk menjabarkan program dan kebijakan Polri, terutama dalam menghadapi tantangan keamanan yang semakin kompleks di era digital ini.

Ia menyebutkan bahwa saat ini, gangguan keamanan serta kemunculan berbagai jenis kejahatan baru menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh Polri, khususnya Polda Sultra.

"Tugas pokok Polri adalah menegakkan hukum, memelihara kamtibmas, serta menjalankan perannya sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat," ujar Irjen Dwi Irianto, dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Kabid Humas Polda Sulawesi Tenggara Perkuat Pengelolaan Media untuk Pelayanan Informasi Publik

Untuk menghadapi berbagai tantangan tersebut, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah meluncurkan program transformasi menuju Polri Presisi yang diimplementasikan dalam empat bidang utama, yakni transformasi organisasi, operasional, pelayanan publik, dan pengawasan.

"Keempat bidang transformasi ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan publik agar Polri dapat bertahan di tengah dinamika perkembangan tantangan tugas yang ada," jelas Kapolda Sultra.

Lebih lanjut, Irjen Dwi Irianto menyampaikan bahwa situasi global saat ini menuntut Polri agar lebih lincah, adaptif, dan memiliki cara pandang strategis dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

Ia juga menekankan pentingnya profesionalisme dalam penegakan hukum tanpa tebang pilih serta kemampuan teknis yang unggul untuk menghadapi kejahatan transnasional yang semakin canggih.

"Kita harus memiliki kemampuan teknis yang lebih unggul dari para pelaku kejahatan, terutama dalam menghadapi kejahatan transnasional yang semakin canggih," tambahnya.

Selain itu, Kapolda Sultra juga menyoroti tantangan yang dihadapi oleh Polda Sultra menjelang Pilkada serentak tahun 2024. Menurutnya, salah satu kerawanan yang menjadi atensi adalah polarisasi di masyarakat selama kontestasi pilkada berlangsung.

Baca Juga: Polda Sulawesi Tenggara Ungkap Kasus Narkotika Jaringan Internasional, Dua Wanita Pirang dan Tiga Tersangka Dibekuk

"Personel Polda Sultra harus berperan menjadi elemen cooling system, selain melaksanakan tugas-tugas pengamanan," kata Irjen Dwi Irianto.

Sebagai informasi, rakernis gabungan ini tidak hanya dihadiri oleh para pejabat utama Polda Sultra, seperti Wakapolda Sultra Brigjen Pol Amur Chandra Juli Buana, tetapi juga oleh ratusan personel dari berbagai satuan kerja.

Personel yang hadir berasal dari Direktorat Reskrimsus, Direktorat Reskrimum, Direktorat Resnarkoba, Direktorat Intelkam, Direktorat Lalu Lintas, Direktorat Binmas, Direktorat Tahti, serta Bidang Humas dan Bidang Keuangan. Selain itu, Kapolres di jajaran Polda Sultra juga turut berpartisipasi dalam rakernis ini melalui sambungan Zoom Meeting. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga