Kapolri Bongkar Penanganan Kasus Ferdy Sambo di DPR, Benny Harman Peluk Jenderal Sigit

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 24 Agustus 2022
0 dilihat
Kapolri Bongkar Penanganan Kasus Ferdy Sambo di DPR, Benny Harman Peluk Jenderal Sigit
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membongkar penanganan kasus pembunuhan Ferdy Sambo yang menewaskan Brigadir J di DPR RI. Foto: Repro detik.com

" Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membongkar penanganan kasus penembakan Brigadir J yang didalangi Irjen Ferdy Sambo "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membongkar penanganan kasus penembakan Brigadir J yang didalangi Irjen Ferdy Sambo.

Ia menyampaikan, pihak kepolisian sangat solid menangani perkara tersebut. Hal itu disampaikan saat Sigit menghadiri rapat dengan Komisi III DPR, Rabu 24 Agustus 2022.

"Dalam penanganan kasus ini kami solid, pak. Kami diminta Pak Presiden mengusut tuntas jangan ragu-ragu dan ada yang ditutupi. Jangan turunkan kepercayaan publik kepada Polri untuk bisa mengungkap kasus ini," kata Sigit dilansir dari Tempo.co, Rabu (24/8/2022).

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir menjelaskan bahwa rapat bersama Kapolri akan lebih fokus pada perkembangan penanganan kasus kematian Brigadir J yang saat ini sudah ada lima tersangka.

Menurut dia, pemanggilan Kapolri bersama jajarannya tersebut dalam rangka tugas pengawasan Komisi III DPR terhadap institusi Polri, khususnya terkait dengan oknum-oknum institusi yang ada dugaan terlibat dalam kasus kematian Brigadir J.

Baca Juga: Sosok Jenderal Bintang Tiga Ini Ingin Mundur karena Ferdy Sambo, Mahfud MD Tak Berani

"Kami tidak mengenal istilah kekaisaran Ferdy Sambo. Namun, ini ada institusi Polri yang menjadi mitra kerja Komisi III DPR. Kami sebagai pengawas kinerja Polri akan menanyakan terkait dengan oknum-oknum yang beritanya beredar di tengah masyarakat," katanya.

Melansir detik.com, momen menarik juga terjadi menjelang rapat Komisi III DPR bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membahas kasus Irjen Ferdy Sambo. Anggota Komisi III DPR Fraksi Demokrat Benny K Harman berpelukan dengan Jenderal Sigit usai sempat melontarkan usulan penonaktifan.

Benny memeluk Jenderal Sigit sebelum rapat dimulai. Mereka juga tersenyum lebar dan berjabat tangan. Melihat momen itu, para anggota Komisi III DPR tertawa. Suasana terlihat cair di ruangan itu.

Untuk diketahui, Benny Harman sempat melontarkan usulan agar Kapolri dinonaktifkan sementara selama pengusutan kasus Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J masih berjalan. Menurutnya, hal itu dapat membuat proses hukum berjalan secara objektif dan transparan.

Awalnya Benny meminta agar nama jenderal yang bakal mundur jika Sambo tidak menjadi tersangka dibuka ke publik. Setelah itu, Benny juga berbicara mengenai keterangan polisi mengenai kasus Brigadir J yang tidak dipercaya publik.

Baca Juga: Terbongkar, Uang Judi Online Ferdy Sambo Diduga untuk Danai Capres 2024 Capai Rp 1,3 Triliun

Selanjutnya, Benny mengusulkan Kapolri dinonaktifkan. Dia meminta Menko Polhukam Mahfud Md mengambil alih.

"Jadi publik dibohongi oleh polisi, maka mestinya Kapolri diberhentikan, sementara diambil alih oleh Menko Polhukam, untuk menangani kasus ini supaya objektif dan transparan," ujar Benny.

Belakangan, usul Benny itu dihujani penolakan oleh rekan sesama Komisi III DPR dari berbagai fraksi. Ketua Komisi III DPR Fraksi PDIP Bambang Wuryanto juga memastikan usulan Benny bukan mengatasnamakan usul dari komisi, melainkan usul pribadi dari Benny. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga