Karnaval Budaya Kolaka Timur Target Kebangkitan Ekonomi

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 10 November 2022
0 dilihat
Karnaval Budaya Kolaka Timur Target Kebangkitan Ekonomi
Nampak antusias masyarakat ikut serta dalam festival budaya Kolaka Timur. Foto: Sigit Purnomo/ Telisik

" Ribuan warga Kabupaten Kolaka Timur ikut serta di karnaval budaya dalam kegiatan Kolaka Timur Fun Festival 2022 "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Ribuan warga Kabupaten Kolaka Timur ikut serta di karnaval budaya dalam kegiatan Kolaka Timur Fun Festival 2022, Kamis (10/11/2022).

Kegiatan karnaval budaya ini mengambil titik start dari depan kantor DPRD Kolaka Timur dimulai pukul 15.00 Wita dan finish di lapangan Kecamatan Loea dengan memperlihatkan keberagaman budaya, suku, dan adat yang ada di Kolaka Timur.

Peserta karnaval budaya terdiri dari berbagai kalangan masyarakat, dari tingkat SD, SMP, SMA, kecamatan, masyarakat umum dan LSM serta OPD lingkup pemerintah Kolaka Timur.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kolaka Timur, Nyoman Abdi menuturkan, ini merupakan kegiatan Dinas Pariwisata Provinsi menempatkan salah satu programnya yang diberi nama Koltim Fun Festival.

Baca Juga: 9 Atlet Muay Thai Konawe Selatan Bakal Berlaga di Porprov

"Kenapa di Kolaka Timur, karena pasca pandemi COVID-19, perekonomian di Kolaka Timur ingin didongkrak, terutama di sektor UMKM," ujar Nyoman Abdi.

Nampak antusias masyarakat ikut serta dalam festival budaya Kolaka Timur. Foto: Sigit Purnomo/ Telisik

 

Ia juga mengatakan, sebelum kegiatan dilaksanakan pihak Pemprov sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur mengenai kesiapan kegiatan ini dan Pemkab menyatakan siap.

"Memang provinsi yang punya program tapi Pemkab Kolaka Timur yang berperan besar dalam suksesnya kegiatan ini," ujarnya.

Ia berharap dengan kegiatan tersebut, banyak orang yang berkunjung di Kabupaten Kolaka Timur, agar UMKM dapat lebih berkembang.

"Yang pasti kalau banyak orang datang pasti jualan di sekitar akan laku semua," tutup Nyomam Abdi.

Nampak antusias masyarakat ikut serta dalam festival budaya Kolaka Timur. Foto: Sigit Purnomo/ Telisik

 

Kegiatan festival budaya ini awalnya akan dilaksanakan di Wisata Bendungan Ladongi namun karena kondisi yang belum dimungkinkan, sehingga dialihkan ke lapangan Kecamatan Loea.

Tempat sama, Kepala Inspektorat Kabupaten Kolaka Timur, Marce Kasim menuturkan, kegiatan festival budaya ini dapat membangkitkan masyarakat Kolaka Timur.

Baca Juga: Diduga Cabuli Bocah, Kakek Ini Dilapor Polisi

"Soalnya selama ini tidak ada kegiatan seperti ini, kita patut bersyukur," Ucap Marce.

Ia juga berharap, agar tiap tahunnya selalu digelar kegiatan seperti itu, karena baru kali pertama dilakukan festival budaya di Kolaka Timur.

Salah satu warga sekitar, Novi mengatakan  festival ini sangat bagus, karena dapat mengenalkan budaya dan adat yang berada di Kolaka Timur.

"Bagus sekali kegiatan ini, baru banyak sekali peserta pawai karnavalnya," ucap Novi. (A-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga