Karnaval Budaya Meriahkan Perayaan HUT ke-9 Kabupaten Buton Selatan

Sofi Insan Wardani, telisik indonesia
Sabtu, 22 Juli 2023
0 dilihat
Karnaval Budaya Meriahkan Perayaan HUT ke-9 Kabupaten Buton Selatan
Rangkaian karnaval budaya, peringatan hari jadi ke-9 Kabupaten Buton Selatan. Foto: Kolase

" Kabupaten Buton Selatan merayakan hari jadinya yang ke-9 dengan semarak, dan kegembiraan melalui rangkaian acara karnaval budaya "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Kabupaten Buton Selatan merayakan hari jadinya yang ke-9 dengan semarak, dan kegembiraan melalui rangkaian acara karnaval budaya.

Acara itu diadakan sebagai bagian dari peringatan HUT Kabupaten Buton Selatan yang jatuh pada Minggu, 23 Juli 2023 besok. Ribuan masyarakat dari berbagai latar belakang turut serta dalam pagelaran karnaval budaya kali ini.

Acara karnaval budaya ini menjadi sorotan utama perayaan HUT ke-9 Kabupaten Buton Selatan. Jalanan dipenuhi oleh peserta dan penonton yang bersemangat, memamerkan kostum warna-warni dan atraksi yang mengagumkan.

Baca Juga: Sambut Tahun Baru Islam Pemda Buton Selatan Gelar Istighasah

Karnaval tersebut dimulai dari alun-alun utama lapangan Lakarada, dan menarik perhatian seluruh komunitas di sepanjang rute yang telah ditentukan yang dimulai pukul 13.00 Wita, Sabtu (22/7/2023).

Perayaan HUT ke-9 ini, merupakan momen penting bagi masyarakat Kabupaten Buton Selatan untuk mengenang sejarah dan menghargai keberagaman budaya yang ada selama 9 tahun berdiri sebagai daerah otonom.

Berbagai suku turut berpartisipasi dengan mengenakan busana adat mereka. Pakaian tradisional yang dikenakan oleh peserta menampilkan keindahan dan keunikan setiap suku, memancarkan semangat kebersamaan dan keragaman budaya.

Selain tampilan pakaian adat, karnaval ini juga menampilkan pertunjukan seni dan budaya lainnya, seperti tarian tradisional, musik, pertunjukan dan atraksi dari marching band.

Acara itu turut menjadi wadah untuk memperkenalkan generasi muda atas warisan budaya leluhur mereka, serta melestarikan dan mempromosikan kekayaan budaya Buton Selatan kepada wisatawan dan pengunjung dari luar daerah.

“Karnaval budaya ini jadi momentum yang pas untuk mengenang sekaligus mempromosikan budaya khas Buton. Semua itu terlihat dari antusias kita mengenakan pakaian adat Buton dan rela berpanas-panasan demi memeriahkan ulang tahun Buton Selatan,” urai Jeny, salah seorang peserta karnaval budaya dari Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Buton Selatan.

Baca Juga: Sejumlah Stand Pameran Pembangunan Siap Meriahkan HUT ke-9 Buton Selatan

Sementara, peserta karnaval budaya dari Satpol PP, Asni Marsih turut memberikan tanggapan dan harapannya terkait acara karnaval budaya tersebut.

“Karnaval hari ini cukup melelahkan, tapi meriah dan saya pribadi antusias dan merasa terhibur tentunya. Semoga perayaan ini dapat terus menjadi tradisi tahunan dan semakin memperkaya identitas budaya daerah ini di masa depan. Selamat ulang tahun ke-9 untuk Buton Selatan, semoga semakin berkembang,” harapnya.

Peringatan HUT ke-9 Kabupaten Buton Selatan dengan karnaval budaya yang meriah telah menjadi momen tak terlupakan bagi masyarakat. Semangat kebersamaan dan kecintaan terhadap warisan budaya daerah semakin mengakar di hati setiap individu yang turut serta dalam acara tersebut. (B)

Penulis: Sofi Insan Wardani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga