Kartu Prakerja Gelombang 62 Dibuka, Begini Cara Daftar untuk Dapat Insentif Rp 4,2 Juta

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 12 Oktober 2023
0 dilihat
Kartu Prakerja Gelombang 62 Dibuka, Begini Cara Daftar untuk Dapat Insentif Rp 4,2 Juta
Pemberitahuan Kartu Prakerja Gelombang 62 mulai dibuka, diumumkan melalui akun Instagram resmi @prakerja.go.id. Foto: Repro Umsu.ac.id

" Program kartu prakerja gelombang 62 dari Kementerian Ketenagakerjaan resmi dibuka sejak Rabu (11/10/2023) "

KENDARI, TELISIK.ID – Program kartu prakerja gelombang 62 dari Kementerian Ketenagakerjaan resmi dibuka sejak Rabu (11/10/2023). Hal ini diumumkan oleh Instagram resmi @prakerja.go.id.

Dilansir dari Detik.com, berikut informasi tentang syarat dan cara mendaftar gelombang 62 Kartu Prakerja hingga besaran insentif yang akan diterima.  

Syarat Mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 62

Sebagai informasi, ada beberapa syarat khusus kepada penerima Kartu Prakerja yang perlu digarisbawahi, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. WNI berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 64 tahun.

2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.

3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 59 Dibuka, Ini Tips Jitu Agar Rp 4,2 Juta Bisa Cair

4. Bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, aparatur sipil negara, prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa dan perangkat desa dan direksi/komisaris/dewan pengawas pada BUMN atau BUMD.

5. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi penerima Kartu Prakerja.

Cara Mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 62.

1. Daftar

Buat akun Prakerja dengan data diri kamu. Siapkan e-mail, NIK, nomor KK, nomor HP yang masih aktif dan selesaikan tes kemampuan dasar untuk menyelesaikan proses pendaftaran.

2. Gabung Gelombang

Ikut seleksi dengan gabung gelombang. Untuk gelombang yang tengah dibuka saat ini, yakni gelombang 62. Kemudian, tunggu pengumuman hasil seleksinya.

3. Pilih Pelatihan

Gunakan saldo pelatihan sebesar Rp 3,5 juta, pilih yang kamu butuhkan di Mitra Platform Digital dan bayar dengan nomor Kartu Prakerjamu. Pastikan rekening bank/e-wallet kamu sudah tersambung sebelum membeli pelatihan.

4. Ikuti Pelatihan

Kerjakan pre-test dan post-test selesaikan pelatihan dan dapatkan sertifikat.

5. Beri Rating dan Ulasan

Berikan rating dan ulasan terhadap pelatihan yang telah kamu selesaikan di dashboard Prakerjamu.

6. Dapatkan Insentif

Tunggu beberapa hari, kamu akan menerima insentif Rp 600.000 di rekening bank/e-walletmu.

7. Isi Survei Evaluasi

Jawab 2 survei evaluasi di dashboard Prakerja dan dapatkan insentif Rp 50.000 untuk setiap survei.

Skema Pelatihan Prakerja 2023

Berbeda dari pelatihan yang dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2023 ini pelatihan skema normal akan diselenggarakan di sejumlah titik di Indonesia. Mengutip laman resminya, Program Kartu Prakerja semakin meningkatkan mutu pelatihan di Skema Normal dengan mengadakan pelatihan secara tatap muka (offline), pelatihan bauran (online & offline), dan pelatihan webinar (online) dengan batas minimal durasi pelatihan 15 jam.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 58 Dibuka, Begini Syarat dan Cara Daftarnya

Pelatihan ini berbeda dengan skema sebelumnya yang sepenuhnya dilaksanakan secara online. Awal pelaksanaan Skema Normal akan berfokus di 10 provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Bali, NTT dan Papua.

Skema Normal 2023 akan menyasar bidang keterampilan tertentu yang paling dibutuhkan di masa kini dan mendatang berdasarkan kajian mengenai pasar kerja dalam Indonesia's Critical Occupation List, Indonesia's Occupational Tasks and Skills, Studi World Economic Forum "Future Job Report", serta Riset Indonesia Online Vacancy Outlook.

Proses Seleksi Kartu Prakerja

Dikutip dari Tribunnews.com, yang perlu diketahui, proses seleksi Kartu Prakerja tidak berdasarkan siapa yang gabung gelombang lebih cepat. Setelah proses seleksi, maka manajemen Kartu Prakerja akan mengumumkan siapa saja yang lolos Kartu Prakerja Gelombang 62 melalui notifikasi yang dikirimkan ke SMS dan email.

Mereka yang lolos Kartu Prakerja Gelombang 62 akan mendapatkan bantuan Rp 4,2 juta per orang. Bantuan ini diberikan secara non-tunai dan hanya satu kali. Rinciannya peserta akan mendapatkan biaya sebesar Rp 3,5 juta untuk membeli pelatihan. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga