Kategori Pemilih Pemula, Siswa SMA Jadi Sasaran KPU Kendari

Kardin, telisik indonesia
Selasa, 30 Agustus 2022
0 dilihat
Kategori Pemilih Pemula, Siswa SMA Jadi Sasaran KPU Kendari
KPU Kota Kendari menyasar siswa SMA dalam rangka sosialisasi Pemilu dan Pilkada 2024, mereka masuk kategori pemilih pemula. Foto: Dok. KPU Kendari

" KPU Kota Kendari menggelar sosialisasi pemilu dan pilkada serentak 2024 kepada generasi milenial di sejumlah SMA di Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari menggelar sosialisasi pemilu dan pilkada serentak 2024 kepada generasi milenial di sejumlah SMA di Kota Kendari.

Kegiatan sosialisasi berlangsung sejak Senin (29/8/2022) hingga awal September 2022 mendatang.

"Senin kemarin di SMAN 4 Kendari, hari ini di SMAN 1 Kendari, dan besok rencananya di SMAN 2 Kendari, dan selanjutnya sekolah lainnya," kata Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Shaleh, Selasa (30/8/2022).

Kegiatan sosialisasi memanfaatkan waktu saat upacara atau apel pagi, sehingga diikuti seluruh siswa dan tidak mengganggu waktu pelajaran.

Narasumber yang memberikan materi dalam sosialisasi adalah komisioner KPU Kota Kendari secara bergantian. Misalnya, di SMAN 4 Kendari yang tampil adalah Ketua KPU, Jumwal Shaleh, di SMAN 1 Kendari Kordiv Teknis, Alasman Mpesau dan seterusnya, Kordiv Parmas, Asril, Kordiv Rendatin, La Ndolili serta Kordiv Hukum dan Pengawasan untuk di sekolah selanjutnya.

Jumwal Shaleh menjelaskan, materi sosialisasi yang disampaikan meliputi jadwal dan tahapan pemilu serta pilkada serentak 2024, termasuk jenis surat suara yang akan dicoblos nantinya.

"Melalui kegiatan ini diharapkan kepada para siswa sudah mengetahui hari H pemilu dan pilkada, serta surat suara yang akan dicoblos. Misalnya pada pemilu yang hari H-nya jatuh pada 14 Februari 2024 ada lima surat suara yang dicoblos, sedangkan pilkada yang hari H-nya jatuh pada 27 November 2024 ada dua surat suara yang akan dicoblos," jelasnya.

Disebutkan, lima surat suara yang akan dicoblos pada saat pemilu adalah surat suara Pilpres, DPD RI, DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD Kota Kendari. Sedangkan surat suara yang akan dicoblos pada saat pilkada adalah surat suara pemilihan wali kota dan wakil wali kota, serta surat suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

Materi lain yang diberikan adalah syarat menjadi pemilih, karena para siswa SMA saat ini adalah masuk kategori pemilih pemula.

"Pada Pemilu 2024 nanti jumlah pemilih pemula yang umumnya generasi milenial kami prediksi akan meningkat, bisa mencapai sekitar 40 persen dari total jumlah DPT," ujarnya.

Komisioner KPU Kota Kendari juga mengajak para pemilih milenial untuk menjadi aktor pemilih rasional dan menolak politik uang uang.

"Gunakan hak pilih berdasarkan hati nurani dan melihat track record calon, bukan karena ada apanya. Karena memilih dengan money politics adalah racun demokrasi," ucap Kordiv Teknis, Alasman Mpesa, di SMAN 1 Kendari.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, Komisioner KPU Kota Kendari memberikan kuis kepada para siswa, jika ada siswa yang mampu menjawab soal yang diberikan, maka diberikan bingkisan atau hadiah. Tampak para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. (B)

Penulis: Kardin

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga