Kawasan Industri Terpadu Diharap Tingkatkan Ekonomi Kota Kendari

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 04 Januari 2023
0 dilihat
Kawasan Industri Terpadu Diharap Tingkatkan Ekonomi Kota Kendari
Rapat koordinasi rencana pembangunan kawasan industri bersama PT KKIT di Kecamatan Nambo dan Abeli, Kota Kendari. Foto: Ist.

" Tingkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Kendari, pemkot merencanakan pembangunan kawasan industri, selain itu dengan adanya industri tersebut diharapkan dapat menyerap tenaga kerja "

KENDARI, TELISIK.ID - Tingkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Kendari, pemkot merencanakan pembangunan kawasan industri, selain itu dengan adanya industri tersebut diharapkan dapat menyerap tenaga kerja.

Saat ditemui usai rapat koordinasi, Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengatakan, hadirnya proyek strategis tersebut sangat mempengaruhi tingkat pertumbuhan ekonomi Kota Kendari.

"Hari ini kita sudah lakukan rapat koordinasi bersama PT Kendari Kawasan Industri Terpadu (KKIT) yang merupakan penerima mandat untuk pelaksanaan proyek strategis nasional yang ada di Kota Kendari," tutur Asmawa Tosepu, Rabu (4/1/2023).

Baca Juga: HUT ke-192 Kota Kendari Angkat Budaya Lokal

Ia menyebut, pembangunan indutri khususnya di dua kecamatan yakni Abeli dan Nambo. Proyek strategis nasional ini akan sangat mempengaruhi tingkat pertumbuhan ekonomi dilihat dari luas lahan yang digunakan sekitar 1.329 hektar.

Selain itu, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Kendari, Maman Firman Syah mengatakan, rakor yang dilaksanakan menjadi sarana penyampaian progres capaian kawasan industri terpadu dalam menyiapkan kawasan industri di Kota Kendari.

"Ini sudah masuk menjadi salah satu proyek strategi nasional. Masalah perizinan sebagian besar sudah diselesaikan dan kita berharap bisa segera rampung, sehingga bisa segera dimulai proses pembangunannya," bebernya.

Baca Juga: Tiga Mobil Tabrakan Beruntun di Warangga Muna

Maman Firman mengaku, Pemerintah Kota Kendari akan mendukung kegiatan itu, karena memiliki dampak yang baik pada pertumbuhan ekonomi ke depannya.

Pada 2023 ini ditargetkan PT KKIP untuk menyelesaikan pembebasan lahan hingga pengurusan perizinan, di tahun 2024 fokus pada operasional proyek hingga kawasan industri itu dapat beroperasi dengan optimal.

Selain itu, pemkot menekankan pada PT KKIT agar memperhatikan pengurusan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup (AMDAL), pemkot juga mensyaratkan pada PT KKIT untuk berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga