Kawasan Transmigrasi Mutiara Berstatus Mandiri, Mendes PDTT Ganjar Rusman Penghargaan

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 16 Mei 2023
0 dilihat
Kawasan Transmigrasi Mutiara Berstatus Mandiri, Mendes PDTT Ganjar Rusman Penghargaan
Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar memberikan penghargaan ke Bupati Muna, LM Rusman Emba sebagai kepala daerah yang mendukung pembangunan dan pengembangan kawasan transmigrasi dengan status mandiri. Foto: Ist.

" Upaya Bupati Muna, LM Rusman Emba mengembangkan kawasan transmigrasi Muna Timur Raya (Mutiara) tidak sia-sia "

MUNA, TELISIK.ID - Upaya Bupati Muna, LM Rusman Emba mengembangkan kawasan transmigrasi Muna Timur Raya (Mutiara) tidak sia-sia.

Berkat kebijakan anggaran yang digelontorkan sejak tahun 2017 silam untuk pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur, membuat Rusman mendapat pengakuan dari Pemerintah Pusat.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar pun memberikan penghargaan ke Rusman, sebagai kepala daerah yang mendukung pembangunan dan pengembangan kawasan transmigrasi dengan status mandiri, Selasa (16/5 2023).

Baca Juga: Nilai Seleksi Lelang Jabatan Eselon II Dilapor ke Bupati Muna

Kadis Nakertrans Muna, Fajaruddin Wunanto menerangkan, penghargaan yang didapat bupati itu, setelah melalui survei yang dilakukan Kemendes PDTT bersama Universitas Gajah Mada (UGM), terhadap kemajuan daerah transmigrasi dan keseriusan kepala daerah dalam mendukung pengembangannya.

"Alhamdulillah, hasil survei kita berada pada great mandiri dan Pak bupati mendapat pengakuan dari pusat atas keseriusannya mengembangkan kawasan transmigrasi Mutiara," kata Fajaruddin.

Di Indonesia, ada 152 kawasan transmigrasi yang ditetapkan oleh Kemendes PDTT. Dari 152 kawasan itu, hanya 52 kawasan yang menjadi prioritas nasional dan masuk pada RPJMN 2019-2024.

"Kawasan Mutiara masuk dalam 52 kawasan transmigrasi itu. Bupati sangat mendukung full, baik dari segi penganggaran maupun lainnya," ujarnya.

Ke depan, kawasan transmigrasi Mutiara masih akan terus dikembangkan, sehingga bisa mencapai great berdaya saing. Untuk mendukung itu, Kemendes PDTT bersama UGM akan turun ke lokasi dengan membawa investor untuk mengembangkan jagung kuning dan menghidupkan Bumdes melalui pelatihan manajemen dan pemasaran.

Baca Juga: Dua Parpol Tak Daftarkan Bacaleg di KPU Muna

"Di Mutiara itu ada dua komuditas yang akan dikembangkan, yakni jagung dan kelapa (kopra). Tetapi, saat ini akan difokuskan dulu ke jagung," terangnya.

Sementara itu, Bupati Muna, LM Rusman Emba menerangkan, penghargaan yang didapatnya itu tidak terlepas dukungan dan kerja keras seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dan masyarakat. Ia tak akan henti-hentinya akan memberikan dukungan full terhadap pengembangan kawasan transmigrasi Mutiara.

"Kita akan terus memberikan perhatian serius di Mutiara, sehingga bisa maju dan berkembang, sehingga ke depan akan mudah menjadi daerah otonom baru (DOB)," tukasnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga