Keajaiban Buah Pepaya California: Kaya Manfaat dan Kecanggihan Kesehatan

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Rabu, 21 Februari 2024
0 dilihat
Keajaiban Buah Pepaya California: Kaya Manfaat dan Kecanggihan Kesehatan
Pepaya california memiliki sejumlah manfaat yang membuatnya unggul di pasar dan di meja makan. Foto: Repro Good News Indonesia

" Buah pepaya mengandung dua enzim, yaitu papain dan chymopapain. Kedua enzim tersebut mencerna protein, artinya mereka dapat membantu pencernaan dan mengurangi peradangan "

KENDARI, TELISIK.ID - Pepaya California telah menjadi bintang di dunia buah-buahan. Tidak hanya karena rasanya yang lezat, tetapi juga karena sejumlah manfaat kesehatannya yang luar biasa. Berbeda dengan varietas pepaya lainnya, pepaya california memiliki sejumlah keunggulan yang membuatnya unggul di pasar dan di meja makan.

Dengan rasa yang manis dan tekstur yang lembut, pepaya california tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga menyediakan dosis kesehatan yang kuat. Kandungan seratnya yang tinggi membantu menjaga pencernaan yang sehat, sementara kaya akan vitamin C, A, dan E membuatnya menjadi penyokong sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Dilansir dari msm.bindonesia.com, karakteristik pepaya callina atau pepaya california bisa dilihat dari bentuk buahnya yang lonjong dan memanjang. Umumnya pepaya california memiliki berat hingga 11,5 Kg. Pepaya california memiliki rasa yang manis, inilah yang membuatnya sangat digemari.

Ciri pepaya california juga dapat dilihat dari batangnya yang lebih pendek dari batang tanaman pepaya lain. Tanaman pepaya california juga memiliki kemampuan adaptasi yang baik sehingga bisa ditanam dimana saja dan cepat panen.

Selain itu, dikutip dari halodoc.com ragam manfaat papaya california di antaranya:

1. Perlindungan Terhadap Penyakit Jantung

Pepaya mengandung antioksidan yang tinggi vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Mengonsumsi banyak sumber makanan yang tinggi antioksidan dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Hal tersebut karena antioksidan mampu mencegah oksidasi kolesterol.

Baca Juga: Ini Tanaman Herbal Pengencer Dahak

Ketika kolesterol teroksidasi, kemungkinan besar akan membuat penyumbatan yang menyebabkan penyakit jantung. Selain itu, kandungan serat pepaya yang tinggi dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Banyak mengonsumsi serat juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

2. Melancarkan Pencernaan dan Mengurangi Peradangan

Buah pepaya mengandung dua enzim, yaitu papain dan chymopapain. Kedua enzim tersebut mencerna protein, artinya mereka dapat membantu pencernaan dan mengurangi peradangan.

Baik papain dan chymopapain juga dapat membantu mengurangi peradangan. Mereka dapat meredakan nyeri akut, seperti luka bakar atau memer. Selain itu juga bermanfaat meredakan kondisi peradangan seperti radang sendi dan asma.

3. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat pepaya dapat dirasakan berkat kandungan tinggi vitamin C. Seperti yang diketahui, vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memungkinkan tubuh melawan penyakit bakteri dan virus. Pepaya juga kaya akan antioksidan yang baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Kurangi Rasa Percaya Diri, Ternyata Ini Penyebab Milia di Wajah

4. Berpotensi Mencegah Kanker Prostat

Lycopene adalah pigmen alami yang ditemukan dalam makanan yang berwarna merah atau oranye. Tomat, semangka, dan pepaya adalah sumber likopen yang baik. Banyak ahli yang percaya bahwa mengonsumsi banyak likopen dapat mengurangi risiko kanker prostat. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian mengenai hal tersebut.

6. Buah dengan Nutrisi yang Baik

Pepaya berukuran sedang mengandung lebih dari 200 persen vitamin C yang kamu butuhkan per hari. Jumlah itu cukup untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. (C)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga