Kebiasaan Ini Bikin Ketombe Sulit Hilang

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 13 Juli 2023
0 dilihat
Kebiasaan Ini Bikin Ketombe Sulit Hilang
Saat kepala jarang dibersihkan, akan terjadi penumpukan sel-sel kulit mati dan minyak di kepala, ini menyebabkan munculnya banyak ketombe. Foto: Kapanlagi.com

" Ketombe merupakan serpihan kulit mati yang menempel pada kepala, tak hanya menyebabkan gatal, ketombe juga bisa menganggu kepercayaan diri "

KENDARI, TELISIK.ID - Ketombe merupakan serpihan kulit mati yang menempel pada kepala, tak hanya menyebabkan gatal, ketombe juga bisa menganggu kepercayaan diri.

Ketombe merupakan gangguan yang umumnya terjadi saat masa pubertas dan mencapai puncaknya di usia 20 tahunan. Risikonya juga rentan dialami oleh orang yang berusia di atas 50 tahun.

Jika pengobatan ketombe tidak membuahkan hasil, kamu patut curiga, bisa jadi kondisi bukanlah ketombe biasa atau Anda terkena psoriasis.

Mengutip Halodoc.com, psoriasis yang merupakan penyakit autoimun, gejalanya adalah munculnya seperti bercak-bercak merah pada kulit, sisik kasar seperti perak berlapis-lapis dan tebal.

Baca Juga: Deretan Tanaman Herbal Bisa Perpanjang Umur

Selain itu kulit terasa kencang atau tertarik, bahkan terjadi pendarahan pada kulit. Tidak hanya di kepala, psoriasis juga dapat terjadi di area lain seperti kuku, selaput lendir, di sendi, siku di kedua tangan, di daerah lipatan, punggung, lumbo sacral (di atas pantat), atau di area genital.

Biasanya orang mengetahui bahwa kondisi tersebut adalah psoriasis setelah melakukan banyak pengobatan untuk ketombe yang tidak membuahkan hasil. Agar tidak menyebar ke area lain, penting untuk mengunjungi dokter untuk melakukan tindakan medis untuk mengurangi gejala.

Selain itu, psoriasis yang dibiarkan bertahun-tahun bisa menyebabkan komplikasi penyakit dalam. Misalnya saja psoriasis artritis yang menyebabkan kecacatan, penyakit kardiovaskular, darah tinggi, diabetes, kanker, dan depresi.

Berikut kebiasaan yang bisa bikin kulit ketombe susah hilang dikutip dari Kompas.com:

1. Menggunakan perawatan minyak

Minyak merupakan bahan yang sering digunakan untuk berbagai perawatan rambut. Minyak kelapa dan minyak zaitun misalnya, merupakan minyak yang sering digunakan untuk mengatasi ketombe dengan cara dioleskan langsung ke kepala.

Meskipun serpihan putih ketombe banyak berjatuhan setelah menggunakan minyak. Namun, perawatan tersebut dapat memperparah kondisi ketombe. Hal ini karena ketombe terjadi akibat adanya penumpukan minyak dan kulit mati di kepala. Ketika mengoleskan minyak ke kepala maka dapat memperburuk kondisi tersebut, bahkan bisa menyebabkan iritasi.

2. Jarang keramas

Saat kepala jarang dibersihkan, akan terjadi penumpukan sel-sel kulit mati dan minyak di kepala, ini menyebabkan munculnya banyak ketombe. Oleh karena itu, untuk menghilangkan kelebihan sebum dan membersihkan kulit mati di kepala. Normalnya keramas dilakukan 2 hingga 3 hari sekali. Namun, bagi pemilik rambut berminyak sekaligus penderita ketombe dianjurkan untuk melakukan keramas setiap hari.

Baca Juga: Mana Lebih Sehat, Mandi Air Hangat atau Dingin?

3. Sedang dalam keadaan stres

Melansir dari UK National Health Services, stres dapat memperburuk masalah ketombe. Hal ini terjadi karena, stres dapat menyebabkan perubahan hormonal yang meningkatkan produksi minyak berlebih di kepala. Inilah yang menyebabkan rambut jadi mudah berketombe.

Jika terjadi seperti ini, maka para ahli menyarankan untuk kita melakukan meditasi atau aktivitas lainnya untuk meredakan stres. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga