Kebiasaan Unik Orang Genius yang Terlihat Aneh di Mata Orang Banyak

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Jumat, 24 November 2023
0 dilihat
Kebiasaan Unik Orang Genius yang Terlihat Aneh di Mata Orang Banyak
Orang genius kerap kali memikiki kebiasaan-kebiasaan unik yang terlihat aneh di mata orang pada umumnya. Foto: Repro Fimela.com

" Orang-orang genius seringkali mempunyai kebiasaan yang terlihat aneh di mata banyak orang "

KENDARI, TELISIK.ID - Orang-orang genius seringkali mempunyai kebiasaan yang terlihat aneh di mata banyak orang. Tapi sebenarnya kepala mereka bekerja lebih cepat dan lebih baik ketimbang orang-orang dengan otak standar.

Dilansir dari fimela.com dan cnbcindonesia.com, berikut sifat unik orang genius yang membedakan ia dari orang pada umumnya.

1. Tidak gampang bergaul

Di balik otak yang sangat cerdas, orang genius umumnya introvert, tidak pandai bergaul. Karena IQ yang tinggi, para genius kesulitan bersosialisasi secara normal dengan orang lain. Mereka cenderung suka menyendiri, sibuk melakukan sesuatu yang ia sukai yang mungkin kurang menarik untuk orang lain. Selain itu mereka hanya suka bergaul dengan sesama genius, atau segelintir orang yang bisa menerimanya.

2. Bicara seperlunya

Orang-orang genius biasanya tidak banyak bicara. Orang cerdas memilah apa yang perlu dikatakan dan apa yang tidak. Seringkali mereka juga berpikir, ketika mengatakan sesuatu, belum tentu orang lain memahami maksudnya. Dibutuhkan orang yang memiliki kecerdasan otak yang setara untuk bisa ngobrol nyambung dengannya. Otak dengan pemahaman cetek tidak akan paham maksudnya. Bukan untuk meremehkan, tapi orang-orang genius sadar diri bahwa apa yang dibicarakan tak selalu dipahami orang.

Baca Juga: Negara Pemberi Beasiswa Terbanyak di Indonesia, Cocok jadi Rujukan Scholarship Hunters

3. Rasa ingin tahu yang tinggi

Ini sifat yang paling khas dari seorang genius. Otaknya selalu penasaran akan banyak hal. Ketika ia bertanya tentang sesuatu, keingintahuan itu akan menuntunnya untuk mencari jawaban. Semakin cerdas seseorang, semakin banyak yang ia pertanyakan tentang hal-hal di sekitarnya. Ia selalu merasa lapar akan pengetahuan yang lebih dalam, dan sering melakukan hal-hal yang tidak biasa atau bahkan berbahaya hanya untuk melihat sebab dan akibatnya.

4. Sering mengkritik diri sendiri

Berdasarkan studi tahun 1999 dari Cornell University, orang yang tidak kompeten tidak mengenali ketidakmampuan diri sendiri. Ini membuat penilaian diri mereka menjadi meningkat.

Baca Juga: Begini Cerita Mahasiswa UHO Kendari Magang di Dua Perusahaan Jerman

Fakta ini berbeda dengan pemikiran banyak orang yang menyebutkan orang cerdas memiliki kepercayaan diri tinggi. Namun ternyata studi itu menyebutkan orang yang kompeten cenderung meragukan kemampuan mereka dan karenanya sering mengkritik diri.

5. Sering begadang

Orang genius juga tidak memiliki jam tidur yang banyak. Orang-orang tersebut akan menghabiskan waktunya dengan hal produktif. Mereka senang dengan suasana malam karena saat itu cenderung hening untuk berpikir dan merancang sesuatu.

6. Cenderung berantakan

Orang genius yang berada dalam lingkungan berantakan, menghasilkan lebih banyak ide kreatif dibandingkan pada tempat yang rapi. Mereka memahami serta menangani konsep abstrak, serta menggunakan pengetahuannya dalam rangka memahami lingkungan seseorang. (C)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga